nusabali

Sebanyak 21.543 Warga Tabanan Masuk Penerima BPNT Tahun 2024

  • www.nusabali.com-sebanyak-21543-warga-tabanan-masuk-penerima-bpnt-tahun-2024

TABANAN, NusaBali - Tahun 2024 penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) di Tabanan sebanyak 21.543 orang. Bansos tersebut di awal tahun atau Januari lalu telah cair sebesar Rp 200.000 untuk setiap penerima. Pencairan bantuan tersebut langsung masuk ke rekening masing-masing penerima.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tabanan I Nyoman Gede Gunawan, mengatakan untuk di Kabupaten Tabanan dari sejumlah program bansos yang diberikan oleh pemerintah pusat, baru BPNT yang sudah cair pada Januari 2024. Total bantuan BPNT untuk wilayah Kabupaten Tabanan sebanyak 21.534 orang.

“BPNT sudah cair 1 bulan sebesar Rp 200 ribu, untuk penerima bantuan masih gunakan dasar acuan data terakhir di 2023 yakni sebanyak 21.534 penerima. Sementara untuk program bansos lainnya belum,” kata Gunawan, Senin (12/2).

Disebutkan penyaluran BPNT ini akan dilakukan dalam empat tahap, yaitu pada Januari, April, Juli, dan Oktober. Setiap tahap, penerima BPNT akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 200 ribu per bulan selama tiga bulan.

“Ketika pusat telah mencairkan, kami langsung menginformasikan kepada penerima manfaat. Serta berkoordinasi dengan bank penyalur bantuan apa ada kendala atau tidak,” tegas Gunawan. 

Menurutnya program BPNT ini dulunya bernama program raskin. Kemudian penyaluran raskin diganti menggunakan kartu elektronik. Kartu ini bisa digunakan untuk membeli beras, telur, dan bahan pokok lainnya. Harapannya, masyarakat bisa mendapatkan gizi seimbang, bukan hanya karbohidrat, melainkan juga protein.

Disinggung apakah jumlah penerima manfaat dari bantuan sosial mengalami perubahan atau penambahan mengingat di tahun 2023 juga terjadi El Nino atau kemarau panjang, Gunawan mengatakan untuk DTKS penerima bantuan sifatnya stagnan, kalaupun ada penambahan atau pengurangan itu selisihnya sedikit. “Kemungkinan untuk data di tahun 2024 jumlahnya stagnan,” tegasnya. 7 des

Komentar