nusabali

Ketua OSIS SMAN 1 Amlapura Masuk 10 Besar GenRe Bali

  • www.nusabali.com-ketua-osis-sman-1-amlapura-masuk-10-besar-genre-bali

AMLAPURA, NusaBali - Ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) SMAN 1 Amlapura I Gede Bangkit Jayendra Kosa  dari PIK-R (Pusat Informasi Remaja) Jana Yoga, kelas XI MIA3 SMAN 1 Amlapura, masuk 10 besar GenRe (Generasi Berencana) Provinsi Bali 2023.

Dia kini berjuang untuk merebut gelar juara GenRe Bali 2023, di Kantor BKKBN Bali untuk lolos ke Genre Tingkat Nasional.

"Sebenarnya dari Karangasem ada dua siswa yang lolos masuk 10 besar GenRe Bali, I Gede Bangkit Jayendra Kosa dari SMAN 1 Amlapura, dan I Kadek Agus Eva Dwi Kusuma dari SMAN 1 Selat," jelas Kadis Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Karangasem I Komang Daging, di ruang kerjanya, Jalan Ngurah Rai, Amlapura, Selasa (23/5).

Tahapan berikutnya, jelasnya, jalani karantina, mengikuti foto shoot, dan lain-lain. Selanjutnya setiap finalis menjalani tes, wajib mengetahui persoalan remaja. Sebab nantinya Duta GenRe jadi agen perubahan, contoh di kalangan remaja. Wajib pula memahami usia ideal menikah, untuk wanita minimal usia 21 tahun dan laki 25 tahun.

Finalis juga wajib menghindari seks pra nikah, aktif memerangi bahaya narkoba, cegah HIV/AIDS, tidak merokok, hindari NAPZA (narkotika, psikotropika dan zat adiktif). Kalangan remaja mesti memahami kesehatan reproduksi.
 
Daging menambahkan Karangasem mengirim tiga pasang duta ke Provinsi Bali, dua GenRe putra lainnya I Kadek Agus Eva Dwi Kusuma dari SMAN 1 Selat dan I Kedek Bagus Danan Pranajaya dari SMAN 1 Amlapura. Tiga GenRe putri, Ni Putu Ariwati Widnyani dari PIK-R Widyaloka, kelas XI IPS2  SMAN 2 Amlapura, Ni Luh Rastiani dari SMKN 1 Abang dan Ni Ketut Laksmi Septiani dari SMAN 1 Amlapura. Di nomor putri, dari tiga siswa yang terkirim, tidak ada yang beruntung masuk 10 besar.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana, mengapresiasi prestasi anak didiknya sementara mampu menembus final, atau 10 besar GenRe Provinsi Bali. "Masih panjang tahapannya untuk merebut gelar Duta GenRe Bali 2023," jelas mantan Kasek SMAN Bebandem, itu.Kasek SMAN Selat I Wayan Cenik juga mengapresiasi prestasi anak didiknya, yakni I Kadek Agus Eva Dwi Kusuma, masih duduk di kelas XI MIPA 5 yang masuk 10 besar. "Setidaknya ada harapan memenangkan gelar Duta GenRe Provinsi Bali 2023," jelasnya.7k16

Komentar