nusabali

Prajurit Kodim Tabanan Jalani Tes Fisik

  • www.nusabali.com-prajurit-kodim-tabanan-jalani-tes-fisik

TABANAN, NusaBali - Sebanyak 100 personel Kodim 1619 Tabanan mengikuti tes kesehatan jasmani (Harjas) periodik I Tahun 2023 pada Senin (22/5).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan GOR Debes ini bertujuan untuk menjaga kondisi fisik yang prima serta menjadi tolak ukur dalam peningkatan karier. 

Uji kesehatan jasmani tersebut dilakukan langsung oleh Tim Kajasrem 163/Wira Satya, Kapten Kav I Wayan Sudiarta. Adapun sejumlah tes yang diikuti mulai dari  Kasamaptaan A dengan melaksanakan lari selama 12 menit dan Kasamaptaan B meliputi pull up, sit up, push up, lunges, shuttle run serta uji ketangkasan renang.

Dandim 1619 Tabanan Letkol Inf Riza Taufiq Hasan mengatakan tes kesegaran jasmani adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh seluruh Prajurit TNI. Dalam setahun uji kesehatan jasmani dilakukan sebanyak dua kali. "Ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan jasmani personel, baik militer maupun PNS Kodim 1619/Tabanan," ujarnya. 

Selain itu, kata Dandim Hasan, uji kesehatan jasmani ini akan dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembinaan karier prajurit. Dan menjadikan tolak ukur untuk mempersiapkan fisik dan jasmani bagi yang akan melaksanakan pendidikan. "Untuk itu saya berharap seluruh personel dapat mengikuti tes dengan baik serta tetap mengutamakan unsur faktor keamanan," tegasnya. 

Sebelum pelaksanaan Tes Samapta terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan tensi hingga tekanan darah oleh tim kesehatan RST Singaraja. Pengecekan kesehatan bertujuan untuk mengetahui kesiapan seluruh personel. "Dari 100 personel yang ikut, seluruhnya siap mengikuti tidak ada yang gagal," katanya. 

Dandim Hasan berharap dengan uji jasmani yang dilakukan rutin terciptanya kondisi fisik yang prima bagi seluruh personel Kodim 1619/Tabanan sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas pokok dengan baik. "Semakin ke depan, tugas kita akan semakin berat dan hal tersebut membutuhkan kondisi fisik yang prima," tandasnya. 7des

Komentar