nusabali

Made Guruh Anggara Putra Wakili Bali sebagai Paskibraka Nasional 2023

Berharap Jadi Pasukan 8, Bercita-cita Masuk Akpol

  • www.nusabali.com-made-guruh-anggara-putra-wakili-bali-sebagai-paskibraka-nasional-2023

SEMARAPURA, NusaBali - Siswa SMAN 1 Semarapura, Klungkung, Made Guruh Anggara Putra, 16, akan mewakili Bali sebagai Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka) Nasional pada peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di halaman Istana Merdeka Jakarta, 17 Agustus 2023 nanti.

Guruh, sapaan akrabnya berharap terpilih masuk pasukan 8 inti yang bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Awalnya siswa kelahiran 12 Desember 2006 ini terpilih mewakili sekolah ikut tes paskibraka tingkat kabupaten, kemudian lolos seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. Ketertarikannya ikut paskibraka karena pernah ikut dalam LKBB (Lomba Kreasi Baris Berbaris) tingkat provinsi. 

Untuk bisa terpilih menjadi paskibraka tingkat nasional, banyak proses perjuangan dan latihan yang harus dilalui. “Banyak perjuangan dan latihan yang saya alami di seleksi paskibraka,” imbuh siswa Kelas X.1 SMAN 1 Semarapura, Klungkung, asal Desa Adat Lepang, Desa Takmung, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, ini.

Foto: Made Guruh Anggara Putra. -IST

Guruh akan berusaha mengikuti proses latihan dengan maksimal terlebih mendapat dukungan dari sekolah, dan support serta doa orangtua yang sangat luar biasa. “Target posisi di Paskibraka nasional adalah pasukan 8 inti. Harapan saya, bisa mengharumkan Bali, dan Bali berjaya di skala nasional. Terima kasih kepada Bapak Gubernur Bali yang luar biasa memberikan atensi kepada Capasnas,” harap putra kedua dari 3 bersaudara pasangan I Wayan Suarnika dengan Luh Putu Megawati, ini. Guruh memiliki cita-cita menjadi taruna Akademi Kepolisian (Akpol). 

Seperti diketahui sebelum mengikuti seleksi paskibraka tingkat provinsi dan nasional, Guruh bersama 7 orang perwakilan Kabupaten Klungkung, berpamitan dengan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di rumah jabatan, Sabtu (13/5). Delapan siswa-siswi tersebut berasal dari SMAN 1 Semarapura, SMAN 2 Semarapura, SMAN 1 Atap Lembongan, dan SMA Pariwisata Saraswati Klungkung. 

Bupati Suwirta berpesan jiwa pantang menyerah harus terus ditanamkan. “Pegang teguh kesempatan ini, gunakan momen ini sebaik-baiknya untuk menjadi yang terbaik. Menjadi Paskibraka sebagai pintu masuk adik-adik untuk menuju cita-cita di masa depan, dan jaga nama baik Kabupaten Klungkung,” ujar Bupati Suwirta. 7 wan

Komentar