nusabali

BSI Geber Kompetisi B-League U-15

  • www.nusabali.com-bsi-geber-kompetisi-b-league-u-15

DENPASAR, NusaBali - Bali Sportindo Indonesia (BSI) siap menggulirkan kompetisi B-League U-15 pada 18 Mei - 30 Juni 2023. Turnamen dengan sistem setengah kompetisi itu, diikuti 8 tim peserta dalam turnamen hampir satu setengah bulan tersebut. 

Dewan Pembina, I Gusti Lanang Rai Buyana, BSI ini merupakan kumpulan pensiunan pemain sepakbola di Bali. Membuat sebuah wadah untuk memfasilitasi pemain sepakbola yang ingin melanjutkan karier di sepakbola profesional. 

“Kegiatan di awal dengan menggelar turnamen yang diikuti  delapan tim peserta,” kata lanang Rai didampingi Ketua BSI, Nyoman Agus Budiarta, Selasa (16/5).

Delapan peserta tersebut antara lain Putra Tresna, Damar Cakti, Bali United, Garuda Muda Bali (GMB) A, dan Garuda Muda Bali (GMB) B, Putra Pemenang A, Putra Pemenang B, dan Pespa Padangsambian. 

Pembukaan turnamen akan dilakukan pada Kamis (18/5) di Lapangan Pegok, Denpasar. Sesuai rencana pembukaan akan dilakukan Ketum Askot PSSI Denpasar, Anak Agung Ngurah Garga Candra Gupta atau Turah Mantri. Begitu usai pembukaan, lokasi bertanding tiap tim menyesuaikan kesiapan tim tuan rumah. Contoh antara Putra Tresna vs Damar Cakti, jika salah satu dari tim tersebut ada mengajukan sebagai tuan rumah, pertandingan tentu akan dilangsungkan di lapangan tim yang merasa siap sebagai tuan rumah. 

“Smua ini dilakukan untuk memfasilitasi karier pesepakbola yang selama ini belum terakomodir dengan baik,” kata Lanang Rai yang juga Komite Eksekutif Askot PSSI Denpasar. 

Hal ini lanjutnya  juga bagus untuk mewadahi hobi pemain bola, dalam upaya menuju fase profesional agar bisa terwujud. "Untuk pemain di Bali itu, sejatinya banyak pilihan selain klub Bali United. Banyak klub lainnya yang siap menampung di klub Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia," terang pengurus POP Pegok ini. 

Kata dia, termasuk ketika klub belum memiliki Elite Pro Academy (EPA) di klub profesional, BSI siap memfasilitasi agar pemain sepakbola asal Bali bisa direkrut masuk tim EPA klub profesional di Indonesia. "Penjajakan sudah banyak kita lakukan ke klub lainnya, makanya kita gulirkan turnamen U-15 yang nantinya bisa kita rekrut dan plot masuk proyeksi EPA U-18. Saat ini kita juga telah memiliki 40 pemain murni pemain lokal Bali yang bisa masuk Elite Pro Academy," tutur Lanang Rai. 

Dia berharap lewat kompetisi U-15 pada akhirnya dapat merangsang dan kembali memunculkan pemain lokal Bali berkualitas, dan pada akhirnya bisa moncer di klub yang ada di luar Bali. "Kami siap mewadahi mereka, dalam konteks percepat pembangunan sepak bola di Indonesia," pungkas Lanang Rai Buyana. 7dek

Komentar