nusabali

Rahasia Tim Basket Putri Meraih Emas

Citta Sebut Persiapannya Lama

  • www.nusabali.com-rahasia-tim-basket-putri-meraih-emas

JAKARTA, NusaBali - Timnas Basket Putri Indonesia mencetak sejarah dengan meraih medali emas untuk pertama kali selama penyelenggaraan SEA Games. Kepastian itu setelah mereka mengalahkan Singapura 86-39 dalam laga terakhir di Morodok Techo Indoor Sport Elephant Hall 2, Minggu (14/5).

Salah satu atlet basket asal Bali, Kadek Pratita Citta Dewi atau biasa disapa Citta ikut menjadi bagian tim yang meraih medali emas tersebut. Menurut Citta, faktor keberhasilan tersebut, antara lain berkat persiapan yang cukup lama.

"Faktor keberhasilan kami tentunya banyak. Salah satunya, persiapan kami yang tidak main-main. Kami, timnas putri melakukan persiapan paling lama menuju SEA Games Kamboja dibanding tim lain," ujar Citta, Senin (15/5).

Atlet kelahiran Denpasar 13 Agustus 1995 ini mengatakan, mereka melakukan training camp lebih awal. Terhitung sejak September 2022 lalu. 

Selain itu, mereka mendapat support totalitas dari Manager Tim Chistopher Tanuwidjaja (Itop), Pelatih Lin Chi Wen serta tim pendukung lainnya.
"Mereka luar biasa. Dengan sabar memperhatikan kami dari segi mental, fisik, strategi, kesehatan, jasmani dan banyak lainnya secara detail dan sangat disiplin. Hasilnya, kami menang enam kali berturut-turut dari tim lain," kata Kadek Citta.

Pertama, Citta dkk menang dari Vietnam 67-62 pada, Selasa (9/5). Lanjut mengalahkan Thailand dengan skor tipis 70-69, Rabu (10/5). Menundukan Malaysia dengan skor 85-57, Kamis (11/5). Lalu menang dari Filipina 89-68 pada Jumat (12/5), dari Kamboja 100-54 pada Sabtu (13/5) dan Singapura 86-39 pada Minggu (14/5).

"Saya sangat bersyukur menjadi bagian dari atlet Timnas Basket Putri pertama yang mengukir sejarah membawa emas untuk Indonesia. Namun, diluar itu yang lebih pribadi saya syukuri adalah saya dan rekan-rekan semua di perjalanan ini dalam keadaan sehat dan mendapatkan gold medali," papar Citta.

Dengan prestasi itu, Citta belum mengetahui apakah ada acara khusus atau syukuran di keluarganya kelak. Kalau pun ada, kata Citta, paling hanya keluarga dan teman-teman terdekatnya saja yang akan berkumpul. Rencananya, Citta dkk pulang pada Rabu (17/5) nanti.

Citta pertama kali tampil di SEA Games 2017 Malaysia dengan meraih medali perunggu. Di SEA Games 2019 Filipina, dia juga meraih medali perunggu. Lalu di SEA Games 2022 Vietnam memperoleh medali perak. Di SEA Games 2023 Kamboja meningkat menjadi medali emas. k22

Komentar