nusabali

Angkat Potensi Desa Wisata Taro, BCA Gelar Train The Trainer bagi Pemandu Outbound

  • www.nusabali.com-angkat-potensi-desa-wisata-taro-bca-gelar-train-the-trainer-bagi-pemandu-outbound

GIANYAR, NusaBali.com – Potensi pariwisata Bali pasca pandemi Covid-19 kembali berkilau, begitu juga di Desa Wisata Taro, Kabupaten Gianyar. Dukungan pun diberikan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui kegiatan Train The Trainer Outbound dengan pendekatan Local Fun Games Outbound.

Kegiatan pelatihan dan pendampingan yang diselenggarakan di desa setempat pada Minggu (30/4/2023) hingga Senin (1/5/2023) diikuti  oleh 13 pengurus Desa Wisata Taro terpilih.

Harapannya, dapat membantu meningkatkan kapasitas peserta sebagai pemandu kegiatan outbound dengan pendekatan local fun games.

“Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen nyata kami dalam memaksimalkan potensi Desa Wisata Binaan BCA. Saya juga mengucapkan selamat kepada 13 pengurus desa wisata Desa Taro yang telah berhasil melalui seleksi dan mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan hingga pendampingan untuk menjadi pemandu outbound di Desa Wisata Taro,” kata Direktur BCA Antonius Widodo Mulyono.

Local Fun Games Outbound sendiri dipersiapkan sebagai sarana untuk menambah ragam paket wisata bagi para pengunjung, menjadi alternatif pendapatan wisata, sekaligus menjaga kelestarian tradisi, seni, budaya serta nilai-nilai kehidupan yang baik di Desa Wisata Taro.

“Lebih lagi, melalui kegiatan ini, kapasitas SDM Desa yang sebelumnya telah terpilih melalui seleksi program Train The Trainer ‘Local Fun Games Outbound’ pun dapat meningkat,” kata Antonius Widodo Mulyono.

Setelah mengikuti serangkaian pelatihan, para peserta akan mendapatkan proses pendampingan, yaitu uji coba dengan melibatkan potential customer desa wisata, merancang materi dan melakukan promosi paket wisata ‘Local Fun Games Outbound’, hingga penjualan paket wisata.

Lewat pelatihan di desa binaan BCA ini, para peserta juga diharapkan dapat memberikan inovasi baru yang nantinya dapat menjadi daya tarik bagi lebih banyak pengunjung, sehingga dapat membantu mempertahankan kelestarian tradisi, seni, budaya, dan beragam nilai kehidupan yang ada.

“Pada kesempatan ini, saya ingin mengajak Bapak dan Ibu untuk mengenal Desa Taro, salah satu Desa Wisata Binaan BCA secara lebih dekat. Desa Tua di Gianyar, Bali ini sangat kaya akan kisah dan peninggalan budaya masa lalu.”

Sebagaimana diketahui, Desa Taro adalah desa tua di  Gianyar yang memiliki nilai kebudayaan, di antaranya Pura Agung Gunung Raung. Selain itu, di Semara Ratih Delod Sema Village, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menikmati tatanan rumah penduduk khas Bali, serta mengikuti berbagai aktivitas penduduk desa, seperti pengrajin emas, perak, patung, tenun, relief, dan ukiran Bali.

“Desa Wisata Taro juga diselimuti dengan pemandangan alam yang memukau, serta menjadi satu-satunya desa di Bali yang memiliki konservasi lembu putih. BCA berharap agar seluruh warga, peserta pelatihan, dan seluruh masyarakat dapat terus mempertahankan semangat dalam mengembangkan Desa Taro, melestarikan kekayaan budaya, lingkungan Indonesia dan mendapatkan inspirasi baru untuk mengembangkan wisata Desa Taro secara berkelanjutan,” ujar Kepala BCA KCU Denpasar Robertus Gozali.
 
“Dengan meningkatnya jumlah kedatangan wisatawan, keberadaan Desa Taro diharapkan bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat, khususnya dari segi ekonomi,” tegas Robertus Gozali.

“Sebagai bagian dari perbankan nasional, BCA mendukung penuh usaha ini,”  tuntas Robertus.


Komentar