nusabali

Parade Budaya Iringi Pendaftaran Bacaleg PDIP Tabanan

  • www.nusabali.com-parade-budaya-iringi-pendaftaran-bacaleg-pdip-tabanan

TABANAN, NusaBali - Ketua DPC PDIP Tabanan Komang Gede Sanjaya pimpin pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg) ke KPU Tabanan pada Rabu (11/5). Pendaftaran diiringi sekitar 250 orang ini dilakukan secara longmarch mulai dari Taman Makam Pancaka Tirta menuju KPU Tabanan.

Menariknya pendaftaran Bacaleg PDIP ini mengusung konsep parade budaya karena diiringi tabuh baleganjur dan kesenian okokan. Selain itu para bacaleg terdiri dari 40 orang beserta simpatisan mengenakan pakaian adat madya.

Euforia pawai yang digelar di sepanjang jalan secara serempak ini membawa semangat yang menggelora tmenyambut pesta demokrasi ‘Pemilu 2024’. Hal tersebut juga membawa kebanggaan tersendiri bagi Ketua DPC PDIP Tabanan, Komang Sanjaya, terhadap solidaritas dan kebersatuan partai yang tak pernah surut. 

“Tanggal 1 Mei 2023, sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan, kami DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tabanan, saya didampingi sekretaris, bendahara juga dikawal oleh satgas DPC PDI Perjuangan, secara resmi kami sudah mendaftarkan bakal calon anggota DPRD Kabupaten Tabanan sesuai dengan proses mekanisme serentak dan sesuai instruksi, tepat waktu tadi pukul 08.30 Wita. Apa yang sudah menjadi perintah dan instruksi sudah kami lakukan dengan baik," jelas Komang Sanjaya. 

Ia pun menambahkan sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua KPU Tabanan, bahwa administrasi yang diajukan, 40 bacaleg DPRD Kabupaten Tabanan sudah memenuhi standar persyaratan. Sanjaya juga menyatakan optimis, target terpilihnya calon yang didaftarkan dapat segera terpenuhi. 


“Kami di PDI Perjuangan ini memiliki sebuah budaya, dan budaya kami adalah tunduk kepada DPP Partai, dan 3 pilar yang ditugaskan ini telah siap melaksanakan tugas dan harus bekerja keras, astungkara apa yang menjadi keinginan Ketua DPD, Tabanan bisa capai targetnya, bahkan lebih," katanya. 

Tak hanya itu, kesiap-siagaan dan solidaritas menjadikan kunci pergerakan organisasi partai yang progresif dan terus berkembang. Rasa solid tersebut juga saling bersinergi dengan pemerintah provinsi, tentang bagaimana mendukung upaya Gubernur Bali dalam menjalankan visi perencanaan pembangunan Bali 100 tahun ke depan. 

“Ini sesuai dengan arahan Ibu Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri). Luar biasa, beliau memperhatikan, karena saya lihat pada pembangunan Bali, kalau tidak diatur 100 tahun ke depan, identitasnya bisa hilang. Maka kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Ibu Ketua Umum, Ibu Megawati, telah memikirkan Bali melalui budayanya, peradabannya, adat istiadatnya, termasuk local genius-nya, orang-orang asli Bali. Karena kalau tidak dipikirkan nanti bisa punah," tegas politisi asal Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan tersebut. 

Sementara itu, terkait dengan pemilihan presiden,  PDI Perjuangan Tabanan menyatakan siap mendukung dengan penuh. “Saya lihat, khususnya di Bali, Pak Ganjar Pranowo ini merupakan figur partai yang menjadi panutan di Indonesia. Kariernya di partai juga panjang, ini menjadi spirit partai PDIP khususnya di Tabanan. Dengan adanya Pak Ganjar, ada kebahagiaan tersendiri, dan mudah-mudahan ‘Efek Ganjar’ ini membias di Kabupaten Tabanan, jadi spirit kami untuk memenangkan konstelasi politik terutama Caleg ini astungkara tercapai," harapnya. @des 

Komentar