nusabali

Indonesia Berpotensi Segrup dengan Jepang dan Australia

  • www.nusabali.com-indonesia-berpotensi-segrup-dengan-jepang-dan-australia

JAKARTA, NusaBali - Timnas Indonesia berpotensi di grup berat dalam dalam Piala Asia 2023. Yakni satu grup dengan tim-tim besar seperti Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, atau Arab Saudi.

Undian pembagian grup atau babak penyisihan Piala Asia 2023 akan digelar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Doha, Qatar, pada Kamis (11/5) pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 18.00 WIB. Acara drawing tersebut dapat disaksikan lewat channel YouTube AFC Asian Cup dan halaman Facebook AFC Asian Cup.

AFC juga menentukan pembagian pot untuk undian Piala Asia 2023. Sebanyak 24 negara dibagi ke dalam empat kategori. Setiap pot diisi enam negara. Indonesia masuk pot keempat bersama India, Tajikistan, Thailand, Malaysia, dan Hongkong.

Jumlah 24 peserta itu akan dibagi ke enam grup dengan masing-masing grup terdiri dari empat tim. Setiap juara, runner-up grup, dan empat peringkat ketiga terbaik berhak lolos bek babak perdelapan final.

Dalam pengundian Piala Asia 2023, Indonesia terancam satu grup dengan Qatar, Jepang, Iran, Korea Selatan, Australia, atau Arab Saudi. Pasalnya, kelima tim itu di pot pertama. Sedangkan negara pot kedua yang dapat jadi lawan Indonesia ialah Irak, Uni Emirat Arab (UEA), Oman, Uzbekistan, China, dan Yordania. Indonesia juga bisa bertemu Bahrain, Suriah, Palestina, Vietnam, Kirgistan, atau Lebanon yang masuk pot ketiga.

Sementara itu, Ketua PSSI, Erick Thohir, berencana mengajak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, untuk mengikuti pengundian Piala Asia 2023.

"Pada 11 Mei 2023 pukul 01.00 WIB, saya terbang ke Doha untuk drawing Piala Asia 2023 bersama coach Shin Tae-yong dan anggota Exco PSSI," jelas Erick Thohir.

Piala Asia 2023 akan digelar di Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. Juara bertahan turnamen ini adalah Qatar yang mengalahkan Jepang di final pada 2019. Sedangkan partisipasi Indonesia di Piala Asia 2023 menjadi yang pertama kalinya sejak 16 tahun terakhir atau saat jadi tuan rumah pada Piala Asia 2007.

Komentar