nusabali

Purnami dan Maha Yoni Berjaya di Nomor Pair Knife Form Female

Dua Atlet asal Tabanan Raih Emas Cabang Vovinam di SEA Games Kamboja 2023

  • www.nusabali.com-purnami-dan-maha-yoni-berjaya-di-nomor-pair-knife-form-female

Torehan prestasi luar biasa ditunjukkan Cabor Vovinam di SEA Games Kamboja 2023 dengan total menyumbangkan 3 medali emas, 1 perak dan 14 perunggu.

JAKARTA, NusaBali
Atlet vovinam Ni Made Purnami dan Putu Wahana Maha Yoni, keduanya asal Kabupaten Tabanan mempersembahkan medali emas SEA Games 2023 Kamboja yang berlangsung di Chory Changvar Internasional Convention and Exibhition Center, Selasa (9/5). Mereka memperoleh medali emas di nomor Pair Knife Form Female dengan skor 267. 

"Perasaan kami sangat senang. Kami juga bersyukur mendapat medali emas SEA Games," ujar Made Purnami kepada NusaBali melalui pesan singkatnya usai pertandingan. Terlebih, ini merupakan keikutsertaan mereka pertama kali di SEA Games. Namun mampu membawa pulang medali emas.
Keberhasilan meraih medali emas SEA Games Kamboja, membuat mereka sukses mempertahankan prestasi di nomor tersebut. Pasalnya, saat try out di SEA Vovinam Championship pada 25-30 Maret 2023 lalu di Kamboja, mereka mendapatkan medali emas di nomor itu pula.

Menurut Made Purnami, lawan mereka di SEA Games tidak berbeda jauh dengan di SEA Vovinam Championship. "Hanya ada tambahan peserta dari Filipina," terang anak dari I Ketut Suendi dan Ni Nyoman Derti ini. Namun, atlet Filipina Kirstine Hope Carbajosa Baguio/Janah Jade Ochea Lavador tidak berhasil mendapatkan medali. Skor mereka 254.

Sementara peraih medali perak adalah atlet Kamboja, Sok Nidanut/Khorn Chansopheakneath dengan skor 263. Peraih medali perunggu atlet Myanmar, Eain Dray Phoo/May Han Ni Aung Lwin dengan skor 262. Mereka mendapatkan perunggu bersama atlet Thailand, Sutida Nackharoensri/Thitirat Sae Oung dengan skor 254.

Foto: (Kiri ke kanan) Ketua KONI Tabanan Made Nurbawa, Maha Yoni dan Made Purnami. -IST

Made Purnami / Maha Yoni pun telah mengabarkan kepada keluarga di Tabanan atas prestasi mereka mendapatkan medali emas. Keluarga mereka sangat terharu dan bangga dengan pencapaian serta perjuangan Made Purnami/Maha Yoni di SEA Games. Tapi, mereka belum mengetahui apakah kelak akan ada syukuran di rumah.

Mengenai perjalanan pertandingan, kata anak kedua dari dua bersaudara itu, mereka sempat merasa grogi. Lantaran mereka khawatir ada gerakan yang lupa. Setelah berada di lapangan, lambat laun rasa grogi itu hilang. Mereka mampu memperlihatkan gerakan yang bagus dan bertenaga. "Jadi, untuk kendala tidak ada. Semua berjalan lancar, karena kami sudah mempersiapkan semua dengan cukup baik," terang Made Purnami. Selain di nomor Pair Knife Form Female, Made Purnami main pula di dua nomor lain yaitu Pair Sword Form Female bersama Ni Gusti Agung Ayu Manik Trisna Dewi Wetan (Gung Manik) pada Selasa (9/5).

Made Purnami/Gung Manik mendapat medali perunggu di nomor tersebut dengan skor 261. Satu lagi di nomor Yin Yang Sword Form Team pada Minggu (7/5) lalu. Tim itu berisikan Made Purnami, Kade Ayu Mas Sasvita Dewi, Putu Wahana Maha Yoni, Ni Wayan Vina Puspita dan Ni Made Ayu Ratih Daneswari. "Saya sangat bersyukur pula mendapat dua medali perunggu di dua nomor lainnya," ucap atlet kelahiran Cengolo, 23 Desember 1999 ini.

Atlet lain yang menyumbang medali di hari terakhir cabor vovinam, Selasa (9/5) ini, kata Manager Timnas Vovinam Indonesia Isnaldi Muhammad Dini, adalah I Wayan Wisma Pratama Putra, Efrie Surya Perdana, I Gusti Agung Ngurah Suardnyana dan Kade Ayu Mas Sasvita Dewi di nomor 1 Female Defense Againt 3 Male with Weapon. Lalu Gung Manik di Dual Knife Form Knife dan I Nyoman Suryawan di kelas laga 70 kg. "Untuk cabang olahraga vovinam telah selesai dan berakhir hari ini. Secara menyeluruh, kami sangat bahagia dan bergembira dengan hasil yang telah dicapai oleh tim. Kerja keras dan semangat serta daya juang semuanya telah berhasil memberikan prestasi luar biasa dengan 3 emas, 1 perak dan 14 perunggu," jelas Isnaldi. 7 k22



Komentar