nusabali

Konvoi, 3 Motor Siswa Berknalpot Brong Diamankan

  • www.nusabali.com-konvoi-3-motor-siswa-berknalpot-brong-diamankan

TABANAN, NusaBali - Satlantas Polres Tabanan mengamankan tiga kendaraan siswa yang yang konvoi saat melaksanakan kelulusan. Tiga kendaraan diamankan itu karena menggunakan knalpot brong.

Motor itu diamankan pada Jumat (5/5) di areal Gedung Ketut Kesenian Maria. Para siswa itu sudah dikenakan tilang. Kasatlantas Polres Tabanan AKP Kanisius Franata mengatakan tiga kendaraan siswa yang dimankan tersebut masih disita di Polres. "Kendaraan belum dikembalikan, menunggu sidang tilang. Namun jika dikembalikan knalpot brong tetap kami sita," ujarnya, Minggu (7/5).

Sebelumnya, Satlantas Polres Tabanan juga mengamankan 28 knalpot brong. Pengamanan ini dilakukan saat menggelar razia dan pengaturan lalu lintas sejak 10 Maret, tepatnya ketika tilang manual sudah dilakukan. 

Penertiban ini selain untuk mencegah terjadinya kecelakaan juga memberikan rasa nyaman karena knalpot brong mengganggu kenyamanan pengguna jalan. Terhadap 28 knalpot brong ini diamankan di seputaran jalur kota dan wisata.

Disebutkan, AKP Kanisius Franata pengawasan terhadap kendaraan pengguna knalpot brong tak hanya menyasar waktu tertentu atau saat adanya event. Melainkan akan diawasi di seluruh pelosok bekerja sama dengan Polsek. "Knalpot brong biasanya juga digunakan saat trek-trekan jadi ini akan kami awasi," tegasnya.

Data sebelumnya, dari hasil patroli beberapa kali ke lapangan, ada dua titik lokasi yang dianggap sebagai ‘jalur aman’ oleh pembalap liar.  Jalur dimaksud, seputaran jalur Bypass Ir Soekarno dan Desa Gubug, Kecamatan Tabanan. Aman karena jalurnya lebar dan panjang, juga pembalap mudah lari jika ada polisi.

Polisi menemukan pelaku trek-trekan didominasi oleh kalangan pelajar tingkat SMA. Menurut data yang diperoleh polisi, dua titik yang menjadi lokasi balap liar tersebut yakni depan swalayan eks Hardys Grosir Tabanan dan di Banjar Taman Sekar, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Selain itu, jalan wilayah Desa Gubug, Kecamatan Tabanan.7des

Komentar