nusabali

Rawan Curanmor, Polisi Perketat Patroli Rumah Ditinggal Mudik

  • www.nusabali.com-rawan-curanmor-polisi-perketat-patroli-rumah-ditinggal-mudik

TABANAN, NusaBali - Maraknya pencurian sepeda motor (Curanmor) membuat Satgas Preventif Polres Tabanan lebih ketat melakukan patroli. Patroli dilakukan menyasar perumahan dan komplek kosong karena ditinggal mudik.

Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes melalui Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Gusti Made Berata,  menjelaskan patroli yang dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang meninggalkan rumah mereka untuk mudik.

Disebutkan, operasi Ketupat Agung 2024 juga melibatkan patroli ini sebagai langkah preventif untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin terjadi di rumah kosong. "Patroli difokuskan pada perumahan yang banyak ditinggalkan penghuninya karena mudik," ujarnya. 

Menurutnya, dalam patroli ini jajaran Polsek maupun Polres Tabanan tersebar di berbagai lokasi strategis di wilayah Kabupaten Tabanan. Terutama di kompleks perumahan yang rawan terjadi pencurian curanmor.

 "Dari struktur geografi Tabanan hampir 60 persen di lintasi jalur nasional, yang kemungkinan besar akan rawan terjadi aksi kriminal dan kejahatan jalanan atau street crime," tegas Iptu Berata.

Dia berharap dalam Patroli ini bisa menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif. Serta meminta peran penting masyarakat agar mau menjadi Polisi bagi diri sendiri, respec dan tanggap dalam menjaga keamanan lingkungan. 

"Bagi warga yang tidak mudik kami imbau untuk sama-sama peduli dengan mengawasi lingkungan sekitar, termasuk pada rumah kosong, Jika ada hal mencurigakan, masyarakat dihimbau untuk segera melapor kepada pihak Kepolisian terdekat atau melalui Call Center Polri 110 Polres Tabanan," pesannya.7des

Komentar