nusabali

Kodim Finishing 3 Rumah Tidak Layak Huni

  • www.nusabali.com-kodim-finishing-3-rumah-tidak-layak-huni

AMLAPURA, NusaBali - Kodim Karangasem tengah memfinishing (menggarap tuntas) tiga RTLH (rumah tidak layak huni), untuk warga kurang mampu.

Penggarapan ini merupakan bantuan dari Pangdam IX Udayana dan Korem 163/Wira Satya. Finishing dengan cara pengecatan tembok bangunan. Selanjutnya, segera dilakukan serah terima dari pihak Kodam ke warga yang berhak.

Dandim Karangasem Letkol Inf Sutikno memantau finishing bangunan dengan pengecatan tembok, di Banjar Kanginan, Desa Pesedahan, Kecamatan Karangasem, Jumat (5/5).

Bantuan perbaikan rumah di Banjar Kanginan milik I Gusti Gede Dangin. Hadir di acara pemantauan itu, Pasi Teritorial Kodim Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso dan Danramil Manggis Kapten CAJ I Nyoman Mangku.

Dalam kesempatan itu, Danramil Letkol Inf Sutikno mengingatkan, agar pengerjaannya sesuai spesifikasi, dengan harapan mendapatkan kualitas sesuai harapan. "Membantu masyarakat kurang mampu dengan cara mengerjakan finishing rumah warga, agar sesuai spesifikasi, sehingga hasilnya berkualitas dan tahan lama," jelas Dandim Letkol Inf Sutikno.

Selanjutnya, Dandim memantau finishing rumah tidak layak huni, di Desa/Kecamatan Bebandem milik Ni Wayan Kaler. Di rumah ini juga sedang pengecatan tembok. Turut hadir di Desa Bebandem, Danramil Bebandem Kapten Inf Made Arjana. Sedangkan pemantauan di Banjar Pejongan, Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem rumah milik Ni Wayan Tirka.

Bantuan perbaikan rumah untuk warga kurang mampu, ada 7 unit. Namun bantuan lainnya telah tuntas dan  tinggal 3 unit tengah finishing.

Pasi Teritorial Kodim Karangasem Kapten Inf Arif Budi Santoso mengatakan, perbaikan rumah ini diharapkan segera tuntas. Selanjutnya, segera bisa serah terima kepada pemiliknya. Sebab di Kodim lain telah dilakukan serah terima. "Dalam waktu dekat ini, kami akan melakukan serah terima perbaikan bantuan rumah tidak layak huni," jelasnya.

Bantuan perbaikan rumah lainnya, jelas Arif Budiman, di antaranya di Lingkungan Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem untuk I Nengah Kutang, di Banjar Bugbug Kelod, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem untuk I Nengah Kantoran, dan di Banjar Merajan, Desa Seraya Barat, Kecamatan Karangasem untuk I Gede Wiyasa.

Dua bantuan perbaikan rumah di Kelurahan Subagan dan Desa Seraya Tengah, itu biayanya dari Kodim Karangasem. Pengerjaan perbaikan rumah itu, tenaga kerjanya dari Kodim Karangasem bersinergi dengan masyarakat.

Selama ini Kodim Karangasem telah terbiasa menggelar program Tentara Masuk Desa (TMD), sehingga dalam hal membantu masyarakat memperbaiki rumah menjadi program TNI, bukan menjadi kendala secara teknis. Karena TNI telah terbiasa manunggal dengan rakyat, TNI ada karena rakyat.7k16

Komentar