nusabali

SMAN 2 Kalahkan SMAN 1 Amlapura

46 Siswa SMA Lolos OSN Kabupaten Karangasem

  • www.nusabali.com-sman-2-kalahkan-sman-1-amlapura

Sejak PPDB (penerimaan peserta didik baru) melalui jalur prestasi, semua dikuasai SMAN 2 Amlapura. (Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana).

AMLAPURA, NusaBali
Siswa SMAN 2 Amlapura, Karangasem, mendominasi perolehan tiket ke OSN (Olimpiade Sains Nasional) tingkat Provinsi Bali. Dari 46 siswa SMA yang lolos OSN tingkat Kabupaten Karangasem, 20 siswa SMAN 2 Amlapura atau terbanyak, berhak tampil ke ajang OSN Provinsi Bali. Sedangkan ‘seniornya’,  SMAN 1 Amlapura hanya meloloskan 10 siswa.

20 siswa SMAN 2 Amlapura itu lolos dengan sembilan mata pelajaran OSN. Dari 20 siswa tersebut, di antaranya 5 orang meraih gelar juara di 5 mata pelajaran. Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa menegaskan hal itu di ruang kerjanya, Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (3/5).

“Sejak awal, target SMAN 2 Amlapura bukan sekadar lolos ke OSN Tingkat Provinsi Bali, tetapi lolos ke OSN tingkat nasional. Bahkan agar ada yang meraih medali emas di tingkat nasional nanti,” tegasnya.

SMAN 2 Amlapura yang memenangkan lima gelar juara OSN tersebut melalui siswa I Gede Sadhu Surya Guna dengan mata pelajaran (mapel) Matematika, I Kadek Juni Astika mapel Geografi, Ni Luh Putu Angelita Vidya Gayatri mapel Astronomi, Ni Putu Ayu Anastasya  mapel Ekonomi, dan I Gede Surya Baskara Darma mapel Kimia.

Kata Puja Astawa siswa yang lolos dari SMAN 2 Amlapura  karena skornya memenuhi passing grade. “Pembinaan terus kami optimalkan, sambil menunggu jadwal OSN Tingkat Provinsi Bali,” kata pendidik asal Desa Selumbung, Kecamatan Manggis, tersebut.

Untuk diketahui, 9 mapel dalam OSN Tingkat Kabupaten Karangasem pada Mei 2023, yakni Astronomi, Ekonomi, Komputer, Kebumian, Biologi, Kimia, Matematika, Geografi, dan Fisika. Saingan terdekat SMAN 2 Amlapura yakni SMAN 1 Amlapura dengan meloloskan 10 siswa, yang hanya meraih dua gelar juara melalui Kadek Natalia Anjariska mapel Komputer dan I Komang Priyanka Supanji mapel Biologi.

Sedangkan SMAN Selat meloloskan 8 siswa dengan merebut satu gelar juara melalui Putu Dika Vernanda mapel Fisika. SMAN Manggis meloloskan 6 siswa dengan merebut satu gelar juara melalui Ni Putu Diah Damayanti mapel Kebumian. Hasil tersebut menandakan kualitas pendidikan telah merata, sekolah pinggiran juga menang di OSN Tingkat Kabupaten Karangasem.

Kasek SMAN 1 Amlapura I Ketut Marta Ariana mengapresiasi prestasi anak didiknya yang lolos ke OSN Provinsi Bali. “Minimal dua gelar yang kami raih di tingkat kabupaten, bisa berlanjut menjadi juara OSN Tingkat Provinsi Bali,” harap I Ketut Marta Ariana, yang mantan Kasek SMAN Bebandem, itu. “Kami juga tengah melakukan pembinaan dengan mengoptimalkan potensi siswa,” jelas pendidik dari Desa Culik, Kecamatan Abang.

Kenapa prestasi akademis SMAN 1 Amlapura, sekolah lebih senior, selalu di bawah SMAN 2 Amlapura, Marta Ariana mengatakan sejak PPDB (penerimaan peserta didik baru) melalui jalur prestasi, semua dikuasai SMAN 2 Amlapura. Nilai ujian SMP sebagai dasar mendaftar lebih tinggi, lebih banyak ke SMAN 2. "Sedangkan SMAN 1 Amlapura dijadikan pilihan kedua, " jelasnya.

Kasek SMAN Selat I Wayan Cenik juga tak mau kalah, untuk bersaing di OSN Tingkat Provinsi Bali. “Kami meloloskan 6 siswa, dan menangkan satu gelar juara, siap tampil di OSN Tingkat Provinsi Bali,” jelasnya.7k16

Komentar