nusabali

Arteta Berambisi Balikkan Opta, ManCity Dituntut Bagus untuk Trebel Winner

  • www.nusabali.com-arteta-berambisi-balikkan-opta-mancity-dituntut-bagus-untuk-trebel-winner

LONDON, NusaBali - Manajer Arsenal Mikel Arteta menolak menyerah, meski komputer super milik Opta menghitung peluang Arsenal jadi juara Liga nggris 2022/2023 sangat kecil. Saat disinggung prediksi Opta tersebut, Arteta pun berambisi membalikkan perkiraan tersebut.

Menurut perkiraan perusahaan pencatat statistik itu, peluang juara Arsenal hanya 7,9 persen. Opta justru memprediksi Manchester City yang akan juara dengan kemungkinan 92,1 persen. 

Penghitungan itu didapatkan setelah Arsenal tumbang 1-4 dari ManCity pada pekan ke-33. Walaupun kalah, Arsenal masih di puncak klasemen dengan 75 poin.

Masalahnya, jarak Arsenal dan Man City di peringkat dua hanya terpaut dua angka. City juga sangat mungkin menyalip karena masih punya dua laga yang belum dijalani.

Arteta tidak begitu memerdulikan persentase yang dikeluarkan Opta. Sebab menurutnya, Opta juga pernah memprediksi Arsenal di awal musim hanya finis di luar empat besar.

"Saya tidak bisa mempercayai apa yang ditunjukkan statistik. Waktu awal musim, statistik yang ada mengatakan bahwa kami akan finis di posisi enam atau tujuh," ucap dia dilansir dari Sky Sports.

Dengan kata lain, Arteta masih percaya prediksi tidak menguntungkan Arsenal itu akan jungkir balik di akhir musim. Harapan Arteta memang tidak salah. Meski peluangnya mengecil, kans Arsenal juara belum habis.

Masalahnya, selain mengharapkan Man City terpeleset, Arsenal juga wajib menang di lima laga sisa. Padahal di empat laga terakhir, Arsenal gagal menang yang membuat selisih poin terus terpangkas. Arteta yakin Arsenal bisa melewati fase sulit ini. 

Sementara itu, ManCity berpeluang meraih treble winner alias tiga gelar musim 2022/23 ini. Yakni, juara Liga Primer Inggris, Piala FA dan Liga Champions. Jika Kevin De Bruyne dkk bisa mengakhiri tiga kompetisi tersebut dengan gelar juara, maka tujuan City musim ini telah tercapai semua.

“Saya pikir semua orang ingin bermain di laga seperti ini. Kami sangat beruntung telah sering bermain di laga ini, berada di posisi ini. Senang bisa berjuang untuk hal-hal ini. Kami terus melaju hingga akhir musim,” ujar De Bruyne.

De Bruyne menerangkan bahwa timnya memang sedang tampil bagus dalam beberapa bulan terakhir. Penampilan konsisten tersebut bisa menjadi modal bagus bagi Man City dalam mengejar treble winner musim ini.

Saat ini Man City telah mencatatkan 17 laga tanpa kekalahan di seluruh kompetisi. De Bruyne yang mendapatkan kembali performa terbaiknya menjelma sebagai pemain dengan kontribusi signifikan bersama Erling Haaland. ant

Komentar