nusabali

Libas Arsenal, City di Atas Angin

  • www.nusabali.com-libas-arsenal-city-di-atas-angin

Kami tidak boleh kehilangan fokus. Sekarang semuanya ada di tangan kami. Tiga laga berikutnya akan menentukan apakah kami dapat melakukan apa yang ingin kami lakukan

MANCHESTER, NusaBali
Manchester City kini di atas angin dalam perburuan gelar juara Liga Primer Inggris 2022/2023 dibandingkan Arsenal. Jadwal sisa laga lebih menguntungkan The Citizens dibandingkan The Gunners.

Setelah di puncak klasemen selama beberapa bulan lamanya, Arsenal mulai terseok-seok. Hasil imbang kontra West Ham membuat segalanya lebih sulit buat anak asuh Mikel Arteta.

Benar saja, ManCity yang jadi lawan berikutnya mampu memanfaatkan situasi minor Arsenal dengan baik. Kolaborasi Erling Haaland dan Kevin de Bruyne membawa anak asuh Pep Guardiola itu meraih kemenangan telak 4-1, di Etihad Stadium, Kamis (27/4) dinihari Wita.

Arsenal memang memimpin klasemen sementara dengan 75 poin. Namun ManCity dengan 73 poin di posisi kedua sangat berpeluang terbang ke puncak berbekal dua laga tunda. Meski City memiliki tujuh laga tersisa, dimulai dengan perjalanan ke Fulham akhir pekan ini sebelum laga kandang melawan West Ham United dan Leeds United.

"Kami tidak boleh kehilangan fokus. Sekarang semuanya ada di tangan kami. Tiga laga berikutnya akan menentukan apakah kami dapat melakukan apa yang ingin kami lakukan. Kenyataannya adalah kami masih di belakang Arsenal,"kata pelatih City Pep Guardiola.

Secara terpisah, manajer Arsenal Mikel Arteta mengatakan menurutnya timnya harus memenangkan semua lima laga tersisa untuk memiliki peluang meraih gelar pertama mereka sejak 2004.

Arsenal, yang finis kelima musim lalu, unggul delapan poin di awal bulan. Tapi tiga hasil imbang berturut-turut melawan Liverpool, West Ham dan Southampton memaksa mereka kehilangan momentum menjelang laga lawan City, yang disebut-sebut sebagai penentu gelar.

"Kami tahu kami membutuhkan yang terbaik sebagai tim. Kami jauh dari itu. Saya tidak tahu apa yang dibutuhkan untuk memenangkan gelar. Kami harus mengangkat para pemain karena mereka menderita. Ini sulit untuk diterima," kata Arteta

"Masih ada lima pertandingan lagi dan apapun bisa terjadi. Selama bertahun-tahun, saya telah melihat banyak hal bisa terjadi di liga ini. Kami harus menerima bahwa kami kalah dari tim yang luar biasa,"kata pelatih asal Spanyol itu.

Skuad asuhan Pep Guardiola tercatat mendominasi jalannya pertandingan dengan melepaskan 14 tembakan yang 9 di antaranya tepat sasaran dan menguasai 53 persen penguasaan bola.

Hasil itu juga menambah catatan buruk Arsenal ketika berhadapan melawan City. Skuad asuhan Arteta selalu kalah dalam enam laga terakhir di semua kompetisi saat menghadapi City. Kekalahan itu juga mengakhiri 10 laga tak terkalahkan Arsenal di Premier League, tujuh kemenangan dan tiga hasil imbang.

Sementara itu, suskses mencetak satu gol lawan Arsenal, penyerang Haaland menyalip rekor gol penyerang Liverpool Mohamad Salah di Liga Primer Inggris. Pemain Norwegia itu kini mencetak 33 gol melampaui catatan 32 gol dari Salah pada musim 2018.

Pemain 22 tahun itu mengawali musim perdananya yang spektakuler di City setelah dibeli dari Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas musim lalu dengan mahar 51,2 juta poundsterling.

Kini Haaland telah mencatatkan 49 gol di semua kompetisi, menjadikannya sebagai pemain pertama dari Premier League yang berhasil mencatatkan torehan gol di angka itu.

Dengan sisa tujuh laga yang dijalani City, Haaland berpotensi besar menyalip rekor gol dari penyerang Manchester United Andy Cole dan legenda hidup Newcastle United Alan Shearer yang menorehkan 34 gol dalam satu musim Premier League.

Pekan lalu, Haaland mencatatkan rekor sebagai pemain tercepat yang mencetak 35 gol di Liga Champions dari 27 pertandingan melampaui catatan Rudd Van Nistelrooy yang memerlukan 42 pertandingan.

Di Liga Champions Haaland telah mengoleksi 12 gol dan berpeluang menyalip catatan 17 gol dalam satu musim milik Cristiano Ronaldo apabila berhasil mencetak gol melawan Real Madrid dalam pertandingan semifinal. *

Komentar