nusabali

33 Mahasiswa FIB Unud Mengajar di SMK WWG

  • www.nusabali.com-33-mahasiswa-fib-unud-mengajar-di-smk-wwg

AMLAPURA, NusaBali - 33 mahasiswa Jurusan Sastra Inggris dari Fakultas Ilmu Budaya, Unud, Denpasar mengajar bahasa Inggris di SMK Widya Wisata Graha Amlapura. Kedatangan mahasiswa FIB ini serangkaian field work (kerja lapangan) yang merupakan salah satu program pengabdian masyarakat.

Dosen pendamping Prof Dr I Nengah Sudipa MA mengantar mahasiswa tersebut. Mereka diterima Kasek SMK WWG Dr Ni Nyoman Supadmi, di sekolah tersebut,  Gang Beji, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kamis (27/4).

Pengajaran oleh 33 mahasiswa dengan memberikan pengetahuan bahasa Inggris yang baik dan benar untuk siswa Jurusan Perhotelan. Seorang mahasiswa mengajarkan dua siswa, sehingga yang dapat pelajaran langsung 66 siswa. Proses pembelajaran pada tiga ruang kelas, dari pukul 10.00 Wita - 12.30 Wita. Dosen Prof Dr I Nengah Sudipa dan Kasek Dr Ni Nyoman Supadmi memantau pembelajaran dan membenahi jika ada yang keliru dalam penyampaian siswa saat berinteraksi dengan mahasiswa. Topik pembelajaran English Semantik yakni menyangkut fungsi-fungsi bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari sesuai grammar.

Kasek Dr Ni Nyoman Supadmi mengapresiasi kedatangan mahasiswa dari FIB Unud. Walaupun di sekolah selama ini siswa telah mendapatkan mata pelajaran bahasa Inggris sesuai kebutuhan Jurusan Perhotelan. Tetapi,  adanya mahasiswa kerja lapangan ini sehingga bisa memperkaya wawasan dan pengalaman.

Selama ini, kata dia, siswa merasa jenuh hanya dapat pelajaran dari guru di sekolah, kali ini gurunya langsung dari FIB Unud. "Kedatangan mahasiswa FIB Unud itu, karena kami telah menjalin kerja sama. Siswa pun merasa terbantu mendapatkan pelajaran baru sehingga bisa menambah pengetahuan dan wawasan," jelas Dr Ni Nyoman Supadmi.

Dia menyebut banyak istilah dalam bahasa Inggris pada Jurusan Perhotelan, dan siswa wajib memahaminya.  Dalam pembelajaran itu, mahasiswa berdiskusi, wawancara, berinteraksi  dan menanyakan banyak hal, dalam bahasa Inggris. Tujuannya, agar siswa terbiasa mendengar dan berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Prof Dr I Nengah Sudipa memaparkan, semantik itu merupakan salah satu cabang dari Ilmu Linguistik yang membahas tentang makna hubungan antarkata dengan arti dari kata-kata itu. Biasanya penggunaan Ilmu Semantik sangat membantu mengurai permasalahan yang berkaitan dengan pemahaman kata atau konotasi dari kata tersebut. Di akhir acara, perwakilan mahasiswa FIB Unud, menyerahkan cinderamata kepada Kasek SMK WWG Dr Ni Nyoman Supadmi.7k16

Komentar