nusabali

200 Penari Pendet Semarakkan Pembukaan Festival Semarapura

  • www.nusabali.com-200-penari-pendet-semarakkan-pembukaan-festival-semarapura

SEMARAPURA, NusaBali - Sebanyak 200 penari Pendet semarakkan pembukaan Festival Semarapura serangkaian Hari Puputan Klungkung ke-115 dan HUT ke-31 Kota Semarapura, Jumat (28/4) sore.

Ratusan penari Pendet itu adalah guru di Kabupaten Klungkung. Mereka menggelar gladi di depan Monuman Ida Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Klungkung, Kamis (27/4) sekitar pukul 17.00 Wita. Gladi untuk menyeragamkan gerakan. 

Kadis Pariwisata Klungkung Ni Made Sulistiawati mengatakan, Tari Pendet sebagai tari penyambutan pembukaan Festival Semarapura. Jumlah penari sebanyak 200 orang yang merupakan para guru di Klungkung. “Latihan selama ini di masing-masing sekolah, gladi ini untuk menyelaraskan gerakan,” ujar Sulistiawati. Selain Tari Pendet juga digelar gladi Barong Sabarung (bersamaan), Jumat (28/4). 


Tahun 2023 ini Pemkab Klungkung membangkitkan Festival Semarapura dengan menggelar barong bertajuk Solah Barong Sabarung. Berbagai jenis barong yang berhasil dihimpun akan berpartisipasi menari atau masolah dalam satu pentas. 

Pementasan terdiri dari berbagai jenis barong dalam jumlah yang cukup banyak, maka kumpulan berbagai jenis barong ini disebut sabarung. Di antaranya barong ket, barong macan, barong bangkal atau barong bangkung, dan lainnya. “Ada 58 barong kami pentaskan,” ujar Sulistiawati. 7 wan

Komentar