nusabali

FPTI Badung Ingin Tambah Venue Latihan di Kuta

  • www.nusabali.com-fpti-badung-ingin-tambah-venue-latihan-di-kuta

MANGUPURA, NusaBali - Pengkab Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Badung berupaya menambah tempat latihan panjat tebing di wilayah Seminyak, Kuta Badung. Tambahan itu menjadi strategi pengembangan dan opsi tempat latihan lebih banyak lagi.

"Sekarang untuk tempat latihan baru ada dua venue, di Mengwi, dan Tibubeneng, harapan ke depannya bertambah lagi satu tempat di wilayah Kuta," kata Ketum Pengkab FPTI Badung, I Gusti Ketut Yudianaputra, Rabu (26/4). 

Menurut Gusti Yudianaputra, saat ini pihaknya sedang menyusun proposal untuk pengajuan venue panjat tebing. Harapannya ada solusi terbaik dari segi anggaran untuk mendukung program penambahan venue atau tempat latihan panjat tebing. 

"Jika ini berhasil saya yakin akan banyak manfaatnya, langkah ini sebagai upaya agar venue latihan mudah dijangkau masyarakat, dengan harapan masyarakat di sekitar wilayah Kuta dapat latihan di sana," kata Yudianaputra, yang juga birokrat itu. 

Gusti Yudianaputra menambahkan, adanya tambahan tempat latihan, otomatis memberikan akses lebih kepada masyarakat atau calon atlet yang ingin menekuni olahraga panjat tebing. Antusias masyarakat diyakini akan meningkat, jika sarana dan prasrana memadai. 

"Sarpras memang ikut andil dalam peningkatan prestasi, tanpa ditopang venue memadai, niscaya akan dapat melahirkan atlet andal kedepannya," tegas Gusti Yudianaputra. 

Untuk itu, kata Gusti Yudianaputra,  pihaknya memohon dukungan KONI dan pemerintah Badung penambahan venue latihan. Dia sangat yakin, cabor panjat lebih sedikit persaingannya di Bali. Apalagi Badung mendominasi Porprov Bali XV/2022 hanya mendapat pesaing dari dua kabupaten. 

Menurut Yudianaputra, venue yang sangat memadai juga sejalan dengan langkah baru merancang program sport tourism, yang menghadirkan atlet luar negeri bertanding di Badung. Hal ini dinilai juga akan menarik minat masyarakat menekuni cabor panjat tebing.
 
Startegi pengembangan lain yakni menyasar atlet dari kalangan siswa. Apalagi belum lama ini pihaknya berkomunikasi dengan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Badung agar setiap sekolah di Badung memiliki ekstra kurikuler panjat tebing. 

"Saya ingin sarpras memadai, kemudian dari sisi kuantitas dan kualitas atlet panjat tebing di Badung terus meningkat kedepannya," harap Gusti Yudianaputra.dek

Komentar