nusabali

Sekaa Gong Gita Srikandi SMPN 1 Banjarangkan, Pentas di Sekolah, HUT PGRI hingga Ngayah di Pura Besakih

  • www.nusabali.com-sekaa-gong-gita-srikandi-smpn-1-banjarangkan-pentas-di-sekolah-hut-pgri-hingga-ngayah-di-pura-besakih

SEMARAPURA, NusaBali - SMPN 1 Banjarangkan, Klungkung punya sekaa gong wanita yang dibentuk 2 tahun lalu. Kelompok kesenian ini dikenal dengan Sekaa Gong Gita Srikandi SMPN 1 Banjarangkan.

Kasek SMPN 1 Banjarangkan, I Nengah Suradnya mengatakan, Sekaa Gong Gita Srikandi terbentuk sebagai wujud kepedulian minimnya sekaa tabuh kalangan ibu-ibu, khususnya di sekolah-sekolah. “Tujuan lain mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki ibu-ibu dalam melestarikan seni tabuh,” ujar Suradnya, Selasa (25/4).


Suradnya menambahkan, ibu-ibu di SMPN 1 Banjarangkan punya semangat tinggi mengikuti latihan. Mereka latihan seusai kegiatan belajar. Mereka dibina oleh Putu Handre Prayuda SSn, Pande Wira Darma, dan I Dewa Ketut Oka SPd. Sekaa Gong Gita Srikandi pernah pentas untuk pujawali Saraswati, HUT sekolah, HUT PGRI Tahun 2022 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, ngayah saat pujawali di Pura Kentel Gumi, pujawali di Pura Goa Lawah, dan ngayah di Pura Penataran Besakih, pada 24 April 2023.

Perwakilan Sekaa Gong Gita Srikandi pernah juga meramaikan karnaval 17 Agustus 2022. “Sekolah terus melanjutkan program ini agar dapat dipakai selain pengembangan bakat juga salah satu bentuk yadnya,” ujar peraih Trofi Widya Kusuma Tahun 2019 dan juara pertama best practice (pengalaman terbaik) tingkat Provinsi Bali dalam rangka HUT ke-74 PGRI. 7 wan

Komentar