nusabali

Perputaran Uang Libur Lebaran Diprediksi Rp 240 Triliun

  • www.nusabali.com-perputaran-uang-libur-lebaran-diprediksi-rp-240-triliun

JAKARTA, NusaBali - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan proyeksi perputaran uang pada masa libur Lebaran 2023 mencapai Rp 240 triliun.

Dari jumlah tersebut Sandiaga mengaku tengah fokus untuk meningkatkan pendapatan ekonomi di tiga sektor usaha.

"Pertama Rp 240 triliun perputaran ekonomi (selama libur lebaran) ini harus kita arahkan agar bisa memberdayakan UMKM terutama sektor perdagangan kuliner, sektor fashion," kata Sandi saat ditemui wartawan, Sabtu (22/4/2023).

"Kita ada tiga sektor: kuliner, fesyen, sama kriya. Kalau di pariwisataa itu restoran, hotel sama kafe,” imbuh Sandiaga seperti dlansir detikfinance.

Menurutnya, dengan begitu pemerintah khususnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat meningkatkan peluang usaha bagi UMKM dalam negeri dan menciptakan lapangan kerja baru.

"Sehingga produk-produk UMKM ini bisa membuka peluang usaha dan menjadi bagian daripada penciptaan geliat ekonomi dan 4,4 juta lapangan kerja di 2024," tuturnya.

Di sisi lain, Sandiaga juga menjelaskan bahwa saat ini tingkat pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sudah mencapai 70 persen. Kondisi ini sudah jauh lebih baik bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya saat pandemi Covid-19, khususnya di Pulau Jawa.

"Pemulihannya sekarang sudah di atas 70 persen. Jadi harapannya ini jangan sampai mis, kita jangan sampai enggak bisa kawal narasinya. Semangat ini harus kita lanjutkan," imbuhnya.

"Dibandingkan sebelum covid iya. Jawa bagian Timur, Barat, dan tengah, ini yang jadi tulang punggungnya," ujar Sandi. 7

Komentar