nusabali

Musim Libur, Disdukcapil Tetap Layani Permohonan Kartu KK

  • www.nusabali.com-musim-libur-disdukcapil-tetap-layani-permohonan-kartu-kk

TABANAN, NusaBali - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tabanan, banyak menerima layanan kepengurusan KK (Kartu Keluarga) selama libur lebaran.

Saat libur lebaran, kantor ini tetap buka layanan. Ini artinya, layanan yang dibuka setengah hari tersebut tak sia-sia.

Data dari Disdukcapil Tabanan, masyarakat yang mengurus KK selama libur lebaran 45 orang. Kemudian mencetak KTP elektronik 21 orang, dan perekaman KTP 14 orang. Disdukcapil juga menerbitkan akta kelahiran  untuk 5 orang, dan menerbitkan akta perkawinan untuk 4 orang.

Kepala Disdukcapil Tabanan I Gusti Agung Rai Dwipayana mengatakan, selama libur lebaran tersebut memang banyak masyarakat memerlukan layanan kependudukan. Paling banyak dilayani adalah kepengurusan KK. "Kami buka layanan sejak Kamis, hingga hari ini (Senin kemarin) KK yang paling banyak," ujarnya Senin (24/4).

Artinya, tegas dia, layanan yang dibuka ini tak sia-sia. Sebab pada momen libur lebaran banyak masyarakat yang memiliki waktu senggang untuk mengurus kependudukan. "Seperti yang sudah dijelaskan, kita buka layanan pada saat cuti bersama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi sekarang banyak masyarakat yang sedang sibuk mendaftar polisi. Hal ini harus ditindaklanjuti karena banyak ditemukan NIK antara KTP dengan KK tidak valid," tegasnya.

Sebelumnya, Disdukcapil Tabanan buka layanan pada moment cuti bersama sejak hari Kamis, Jumat, Senin dan Selasa, atau tanggal 20, 21, 24, dan 25 April. Layanan pada hari tersebut dibuka setengah hari mulai dari pukul 08.30 wita sampai pukul 12.00 Wita.

Selama pelayanan ini, ASN yang ditugaskan juga dibatasi. Ada bagian atau bidang masing-masing yang mengatur. "Kalau misalnya semua pegawai masuk kan mubazir juga. Jadi saya minta bidang yang mengatur. Yang jelas selama cuti bersama layanan tetap buka," tegas Rai Dwipayana.

Menurutnya sekarang layanan yang paling banyak dilayanani Disdukcapil Tabanan masih dilayanan permohonan KK (kartu keluarga) hingga KTP. Dan sekarang Disdukcapil Tabanan juga sedang melayani banyaknya permintaan permohonan mencari surat keterangan tidak kawin yang digunakan sebagai syarat pendaftaran polisi.7des

Komentar