nusabali

Job Fair Gianyar Tawarkan Seribu Lebih Lowongan Kerja

Ada yang Langsung Interview, Langsung Diterima Bekerja

  • www.nusabali.com-job-fair-gianyar-tawarkan-seribu-lebih-lowongan-kerja

GIANYAR, NusaBali
Memeriahkan Hari HUT ke 253 Kota Gianyar, Pemerintah Kabupaten Gianyar melalui Dinas Tenaga Kerja membuka pameran kesempatan kerja (job fair) dan expo TKM (Tenaga Kerja Mandiri) Kawasan Nusantara di Alun-alun Kota Gianyar, Senin (17/4).

Job fair terlaksana sejak tanggal 15 April hingga 19 April 2023 menyediakan lebih dari seribu lowongan pekerjaan yang dapat dilamar oleh masyarakat umum yang siap kerja. Mulai dari bidang ritel, perhotelan, P3MI, perdagangan, hingga pembiayaan. Juga dibuka gerai untuk mengurus paspor bekerja sama dengan Imigrasi. Tidak sekadar mencari informasi, bahkan pencari kerja langsung membawa CV, interview, dan langsung diterima bekerja.

“Job fair kali ini bekerja sama dengan 20 perusahaan dan menyediakan sekitar 1049 lowongan pekerjaan. Kami juga bekerja sama dengan Imigrasi untuk mengurus e-pasport. Jadi job fair ini saya harap dapat mengurangi jumlah pengangguran," ujar Kadisnaker Gianyar Ida Ayu Surya Adnyani. Sejak dibukanya Job Fair tanggal 15 April lalu, ada 857 pelamar yang datang untuk mencari pekerjaan.

Sekda Gianyar Dewa Gede Alit Murdiarta mewakili Bupati Gianyar mengatakan, Job Fair dan Expo TKM Kawasan Nusantara tahun 2023 merupakan implementasi visi Pemkab Gianyar yakni terwujudnya masyarakat Gianyar yang bahagia, sejahtera, aman dan damai, mandiri, berintegritas berdasarkan Tri Hita Karana melalui pola pembangunan Nasional Semesta Berencana.

"Sesuai misi nomor 4 yaitu mengembangkan SDM yang berintegritas dan memiliki daya saing tinggi pada sektor formal bertujuan untuk memperluas akses kesempatan kerja di dalam dan di luar negeri, dan di sektor informal bertujuan untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat masyarakat untuk berwirausaha," jelas Dewa Alit.

Perhatian Pemkab Gianyar kepada masyarakat juga dapat dilihat dari  upaya pemerintah dalam menekan jumlah pengangguran dengan memberikan pelatihan kerja sesuai kebutuhan kerja ataupun pelatihan untuk mencetak lapangan kerja sendiri atau berwirausaha mandiri. Pemkab Gianyar juga telah membentuk unit layanan disabilitas ketenagakerjaan untuk penguatan tugas dan fungsi dinas yang menyelenggarakan urusan ketenagakerjaan serta mendorong terbentuknya Bursa Kerja Khusus (BKK) yang merupakan unit pelayanan pada satuan pendidikan menengah, satuan pendidikan tinggi, dan lembaga pelatihan kerja yang memberikan fasilitasi penempatan tenaga kerja kepada alumninya.

Kepala Pusat Pasar Kerja Kemenaker RI Mochamad Yusuf saat membuka Job Fair mengungkapkan, bahwa Job Fair merupakan jembatan untuk membawa talenta-talenta muda atau generasi muda untuk memasuki pasar kerja baik di dalam maupun luar negeri. Mochamad Yusuf menekankan pentingnya melalukan peningkatan kompetensi melalui LPK dan setelah mendapat pelatihan juga harus disalurkan dalam pasar kerja baik di dalam maupun luar negeri. Dia juga mengusulkan buka unit layanan pasar kerja di desa, kecamatan, dan mall pelayanan publik karena banyaknya lowongan pekerjaan yang tersedia.

Pembukaan Job Fair diisi penyerahan CSR dari BPJS kepada Pemkab Gianyar berupa 50 kursi roda dan santunan kematian kepada keluarga seniman dan keluarga ketua koperasi KSU Banjar Triwangsa serta santunan kecelakaan.

Salah satu pengunjung yang mengurus paspor Ni Kadek Irma Dewi mengaku sangat puas dengan pelayanan yang diberikan. "Saya membuat paspor untuk perjalanan ke Korea. Imigrasi dan Disnaker Gianyar sangat membantu sehingga pembuatannya sangat mudah, cepat, dan efisien,” ungkap Kadek Irma. *nvi

Komentar