nusabali

Sambut Hari Bumi, Tanam 400 Pohon

  • www.nusabali.com-sambut-hari-bumi-tanam-400-pohon

MANGUPURA, NusaBali
Dalam rangka menyambut Hari Bumi 2023 yang diperingati setiap tanggal 22 April, PT PLN (Persero) berkolaborasi Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung serta masyarakat menanam 400 bibit pohon di Kecamatan Petang, Badung.

Bibit yang ditanam terdiri dari durian musang king, alpukat pink kerten, kelapa daksina, serta pohon manggis. General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Bali I Wayan Udayana, mengatakan kegiatan penanaman pohon tersebut sarat akan makna dan sejalan dengan kearifan lokal Bali yakni Tri Hita Karana. Sebagai falsafah hidup masyarakat Bali, Tri Hita Karana secara umum dipahami sebagai keseimbangan hubungan antara manusia dan sang pencipta, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam.

“Bali memiliki local wisdom yang menghargai hubungan yang seimbang dengan pencipta, lingkungan, serta hubungan dan sesama lainnya, dan ini sejalan dengan prinsip-prinsip yang diusung PLN dalam menjalankan bisnis khususnya yang berwawasan lingkungan,” kata Udayana.

Menurutnya lingkungan di Petang, Kabupaten Badung tepat untuk kegiatan penanaman dan pelestarian alam karena daerah tersebut merupakan salah satu sumber air dan daerah resapan air di Bali. “Tidak hanya melestarikan alam, namun kegiatan penanaman pohon ini juga kita tujukan dengan harapan dapat memberikan sumbangsih yang produktif bagi masyarakat,” kata Udayana.

Sementara, Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung Ni Luh Wayan Suparmi, mengatakan kegiatan penanaman pohon tersebut bukanlah yang pertama kali dalam berkolaborasi bersama PLN untuk tujuan melestarikan alam. “Untuk kegiatan penanaman pohon kali ini, kami fokus pada kebutuhan masyarakat dan lingkungan, sehingga dipilihlah pohon-pohon produktif yang sekaligus merupakan multipurpose trees, sehingga tak hanya bernilai ekonomis, namun dapat berfungsi sebagai penyangga dan perlindungan,” ujarnya seperti dilansir Antara, Jumat (14/4).

Dia pun berharap masyarakat memelihara bantuan yang diberikan, sehingga daerah ini nantinya dapat menjadi tujuan pariwisata, serta menjadi contoh daerah lain untuk mengembangkan agrowisata. *ant

Komentar