nusabali

NasDem Target Rebut Kekuasaan Lagi di Karangasem

Raih 12 Kursi di Pileg 2024 dan Menang Pilkada

  • www.nusabali.com-nasdem-target-rebut-kekuasaan-lagi-di-karangasem

AMLAPURA, NusaBali
Partai NasDem pasang target menang di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 di Kabupaten Karangasem.

Kemenangan di Pileg akan menjadi modal bagi partai besutan Surya Paloh ini untuk merebut kembali posisi Bupati-Wakil Bupati Karangasem dalam Pilkada Karangasem 2024 nanti.  Target ini terungkap saat Rapat Konsolidasi NasDem Karangasem membahas persiapan administrasi bakal calon anggota legislatif dipimpin Ketua DPD NasDem Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri di Sekretariat NasDem Jalan Untung Surapati Amlapura, Rabu (12/4) pukul 11.00 Wita. Dalam rapat diperluas ini, selain menghadirkan seluruh fungsionaris DPD, juga melibatkan pengurus delapan DPC (Dewan Pimpinan Cabang) NasDem se-Karangasem.

Mas Sumatri yang mantan Bupati Karangasem periode 2016-2021 menegaskan setelah daftar caleg tersusun di masing-masing daerah pemilihan (Dapil) sebanyak 120 persen di tiap dapil dari 6 dapil yang ada, langkah cepat berikutnya mengurus syarat administrasi. Selanjutnya memetakan strategi pemenangan di setiap dapil.

Menurut Mas Sumatri langkah pertama mengamankan perolehan 9 kursi di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, kemudian menambah kursi hingga akumulasinya minimal tercapai 12 kursi, sehingga target menang Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 tercapai. Secara struktural NasDem telah siap ikut pemilu, dalam kesempatan kemarin juga membagikan 100 bendera partai untuk 8 DPC.

"Langkah berikutnya, merebut kembali jabatan Bupati/Wakil Bupati Karangasem di Pilkada Karangasem November 2024," tegas Mas Sumatri. Sementara Sekretaris DPD NasDem Karangasem, I Made Juita menambahkan target itu tidak berlebihan. "Kan target perolehan kursi di DPRD Karangasem hanya naik 3 kursi, agar menjadi 12 kursi untuk menang di Pemilu Legislatif 2024, sekaligus merebut jabatan Ketua DPRD," katanya.

Sedangkan target merebut kembali jabatan Bupati/Wakil Bupati Karangasem juga bukan merupakan hal yang berlebihan. "NasDem kan telah berpengalaman memenangkan jabatan Bupati-Wakil Bupati Karangasem apalagi ada instruksi dari DPP mewajibkan jabatan itu kami rebut kembali," jelas anggota DPRD Karangasem asal Desa Seraya Tengah, Kecamatan Karangasem ini.

Hadir di acara konsolidasi kemarin, Bendahara NasDem Karangasem I Gusti Made Widianti, Wakil Ketua DPD I Gusti Ngurah Gede Subagiartha, Ketua DPC Sidemen I Nyoman Sukarma, Ketua DPC Abang I Nyoman Murdana, Ketua DPC Rendang Kadek Angga Sanjaya, Ketua DPC Karangasem I Wayan Artawan Ketua DPC Selat I Gusti Agung Bagus Herry Setiawan, Ketua DPC Bebandem I Ketut Sudarma dan yang lainnya.

Pada Pileg 2019 lalu, NasDem membukukan 9 kursi di DPRD Karangasem, yakni I Gusti Ngurah Gede Subagiartha dengan 6.678 suara dan I Made Juwita dengan 2.892 suara dari Daerah Pemilihan (Dapil ) Karangasem I Kecamatan Karangasem, I Ketut Susinta dengan 2.363 suara dari Dapil Karangasem II Kecamatan Bebandem, I Putu Suarjana dengan 1.719 suara dari Dapil Karangasem III Kecamatan Manggis, I Gusti Lanang Agung Aryawan dengan 2.949 suara, I Kadek Sujanayasa dengan 3.407 suara dan I Made Agus Kertiana dengan 6.008 suara dari Dapil Karangasem IV Kecamatan Selat, Kecamatan Rendang dan Kecamatan Sidemen, I Nengah Rinten dengan 2.569 suara dari Dapil Karangasem V Kecamatan Kubu, dan I Nyoman Karta dengan 2.482 dari dapil Karangasem VI Kecamatan Abang. Selain 9 kursi di DPRD Karangasem, NasDem juga raih 1 kursi di DPRD Provinsi Bali atas nama I Wayan Kari Subali. *k16

Komentar