nusabali

Daftar Cawabup di NasDem, Sundayana Mundur dari PDIP

  • www.nusabali.com-daftar-cawabup-di-nasdem-sundayana-mundur-dari-pdip

SINGARAJA, NusaBali - I Made Sundayana resmi mengundurkan diri sebagai kader PDIP Buleleng. Pengunduran dirinya melalui surat resmi yang diantarkan langsung ke sekretariat DPC PDIP Buleleng, Rabu (8/5) pagi. Surat tersebut ditujukan langsung kepada Ketua DPC PDIP Buleleng, Ketua DPD PDIP Bali dan Ketua Umum DPP PDIP.

Sundayana merupakan kader PDIP asal Desa/Kecamatan Kubutambahan, Buleleng. Dia sempat maju sebagai caleg DPRD Buleleng pada Pemilu 2024 lalu di Dapil 3 Kubutambahan. Meski berhasil mengumpulkan 4.653 suara Sundayana belum berhasil merebut salah satu dari 4 kursi DPRD yang diperebutkan di Dapil 3 Kubutambahan.

Belakangan ini namanya kembali muncul dan digadang-gadang akan maju sebagai bakal calon jalur perseorangan berpasangan dengan Anak Agung Wiranata Kusuma di Pilkada 2024. Namun keduanya mengambil langkah mengejutkan ketika memutuskan mendaftarkan diri di DPD NasDem Buleleng pada, Selasa (7/5).

Langkah yang diambil Sundayana yang diduga karena kecewa namanya tidak masuk dalam usulan bakal calon kepala daerah potensial di internal DPC PDIP Buleleng. Dugaan itu diperkuat saat Sundayana ditemui di Sekretariat DPD NasDem Buleleng usai mendaftarkan diri sebagai bakal calon Wakil Bupati Buleleng. “Kalau saya di sana digadang-gadang dicalonkan kan tidak mungkin lewat partai lain,” terang Sundayana.

Keputusannya untuk mendaftarkan diri di partai lain kemudian dilanjutkan dengan pengunduran diri di PDIP. Sundayana menyebut pengunduran dirinya di PDIP merupakan itikad dan sikap yang baik. Dia pun mengaku memilih untuk mengundurkan diri terlebih dahulu sebelum dinyatakan melanggar aturan dan dikenakan sanksi pemecatan. “Saya adalah kader baru, dulu diterima dengan baik. Kemudian ketika saya punya pilihan politik lain kan lebih baik saya mengundurkan diri secara baik-baik juga. Karena saya tahu di partai politik punya aturannya masing-masing,” ucap Ketua STIKES Buleleng ini.

Setelah nanti lepas di PDIP, Sundayana menyebut masih akan melihat perkembangan politik. Dia pun menyebut tidak langsung bergabung di NasDem, meskipun pada, Selasa lalu sudah mendaftarkan diri sebagai bakal Calon Wabup Buleleng. “Ke depan nanti seperti apa lihat perkembangan, bisa jadi kader NasDem atau mungkin seperti apa semuanya berkembang dinamis, nanti kita lihat,” terangnya.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah Sekretaris DPC PDIP Buleleng, Gede Supriatna mengatakan sudah menerima surat pengunduran diri Sundayana. Dia secara pribadi menyayangkan pengunduran diri salah satu kader partai yang cukup potensial itu. Padahal Sundayana masih bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon lewat partai induknya PDIP. Namun keputusan Sundayana yang memiliki pilihan politik lain dinilai sah-sah saja.

“Itu memang hak pribadi mau daftar lewat mana sah-sah saja. Nanti surat pengunduran diri Pak Kadek (Sundayana) akan kami sampaikan laporannya ke DPD PDI Perjuangan Bali, nanti akan diteruskan ke DPP untuk diputuskan,” kata Supriatna. 7 k23

Komentar