nusabali

Palinggih Pura Puncak Cemara Geseng Dirusak

Pelaku Diduga Incar Akah Pedagingan

  • www.nusabali.com-palinggih-pura-puncak-cemara-geseng-dirusak

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah palinggih di Pura Puncak Cemara Geseng ditemukan dalam keadaan rusak.

Palinggih pura yang terletak di perbatasan tiga desa yakni Desa Sudaji Kecamatan Sawan, Desa Silangjana Kecamatan Sukasada dan Desa Lemukih Kecamatan Sawan itu, diduga dirusak orang tak dikenal yang mengincar akah pedagingan atau logam mulia yang ditanam sebagai sarana upakara saat pembangunan palinggih.

Kelian Banjar Adat Buah Banjah, Desa Lemukih Ketut Arsana, menyampaikan, krama adat berencana melaporkan kejadian perusakan ini ke polisi. Pihaknya pun menduga, dari perusakan ini ada beberapa benda berharga yang sebelumnya ditanam di bagian bawah palinggih hilang dicuri oleh pelaku.

Adapun palinggih itu diketahui dalam keadaan rusak bagian pondasinya pada Sabtu (25/3) lalu. "Kemungkinan yang dicari akah pedagingan, seperti pis bolong yang dipendem (dikubur) di bawah palinggih itu saat pembangunan. Pangempon pura ini adalah warga dari Desa Sudaji, Silangjana dan Lemukih. “Awalnya yang dibongkar adalah palinggih Desa Lemukih. Kemudian saya keliling pura, ternyata palinggih lain juga sudah terbongkar bagian bawahnya," jelasnya,” dikonfirmasi Rabu (12/4) melalui sambungan telepon.

Ketut Arsana pun sempat merekam temuannya ini dan diunggah di media sosial hingga viral setelah dibagikan sejumlah warganet. Ia memperkirakan perusakan ini terjadi pada Maret lalu setelah Nyepi.  "Tiga atau empat hari setelah Nyepi saya sempat tangkil, belum ada yang rusak. Kemungkinan perusakannya terjadi setelah itu. Untuk ke pura itu memang cukup jauh, jalan kaki dari Lemukih sekitar dua jam," terangnya.

Atas adanya kejadian ini, prajuru adat dari tiga desa tersebut beberapa kali menggelar pertemuan membahas hal ini. Hingga disepakati menggelar upacara pembersihan, menghitung jumlah kerugian dengan nilai mencapai Rp 300 juta, serta akan melaporkan kejadian ini ke kepolisian. "Upacara pembersihannya sudah dilakukan. Untuk laporan ke Polres rencananya akan kami lakukan Jumat besok," tukasnya. *mz

Komentar