nusabali

Gelar Lomba Mapel, Undang 365 SD

SMPN 2 Abang Peringati HUT Ke-31 Sekolah

  • www.nusabali.com-gelar-lomba-mapel-undang-365-sd

AMLAPURA, NusaBali
SMPN 2 Abang, Karangasem, akan mengundang 365 SD se-Karangasem untuk mengikuti Lomba Mata Pelajaran (mapel), Sabtu (29/4).

Lomba serangkaian peringatan HUT ke-31 sekolah ini, memperebutkan piala bergilir Bupati Karangasem.
Kasek SMPN 2 Abang Dr I Wayan Sarya MPd memaparkan hal itu di ruang kerjanya, Banjar Kebon, Desa Kerta Mandala, Kecamatan Abang, Karangasem, Senin (10/4). "Kami telah melayangkan surat undangan ke seluruh SD negeri dan swasta di Karangasem. Kami juga telah minta izin kepada Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem," jelas I Wayan Sarya.

Mantan Sekretaris Disdikpora Karangasem itu menambahkan, lomba mapel tersebut bertujuan untuk mengetahui peta kualitas akademis pendidikan SD se-Karangasem. Kualitas akademis ini baik di kota maupun di desa, nantinya akan terungkap melalui hasil tes.

Lomba melombakan tiga mapel, yakni IPA (Ilmu Pengetahuan Alam), IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) dan Matematika. Tiap sekolah boleh ambil bagian pada tiap mapel dengan melibatkan satu siswa putra dan satu siswa putri. Pendaftaran peserta lomba pada 5-15 April, pertemuan teknik pada Selasa (18/4), lomba pada Sabtu (29/4), pengumuman, Rabu (3/5). "Lomba nanti menggunakan aplikasi Quizizz, peserta boleh gunakan HP atau laptop," jelas mantan Kasek SMPN 1 Manggis dan Kasek SMPN 5 Amlapura ini.

Wayan Sarya mengingatkan, materi lomba yakni maple kelas IV, kelas V dan kelas VI, untuk IPA 40 soal, IPS 40 soal dan Matematika 25 soal, durasi waktu 120 menit. Panitia telah mengeluarkan kisi-kisi soal sehingga siswa yang ikut lomba punya gambaran, materi yang akan mereka pelajari. "Penentuan juara, berdasarkan skor tertinggi atau waktu tercepat. Maksudnya, jika ada peserta dengan skor yang sama, maka peserta yang mengerjakan soal lebih cepat yang menang," tambahnya.

Bertindak sebagai koordinator lomba IPA Ni Made Sari Sukasih, Matematika Ni Ketut Sridamayanti,  dan IPS Ni Ketut Sudita. I Wayan Sarya menyebutkan beberapa jenis lomba lainnya, secara online, atau peserta dengan mengirimkan video rekaman. Antara lain, Lomba Masatua Bali, Melantunkan Puja Tri Sandya, Membaca Puisi, Pidato, Gerak dan Lagu Pramuka.

Tiap jenis lomba ada panitia tersendiri yang mengoordinasikan, termasuk petunjuk teknisnya, mulai dari pendaftaran, pertemuan teknik, hingga puncak lomba serta kriteria penilaiannya. Kata diua, nantinya sekolah yang paling banyak meraih gelar juara, dengan skor tertinggi berhak atas Piala Bupati Karangasem. *k16

Komentar