nusabali

Senantara Pastikan Tarung ke Senayan

Disokong Jero Gede Sudikerta, Perjuangkan Ajegnya Adat Bali

  • www.nusabali.com-senantara-pastikan-tarung-ke-senayan

DENPASAR, NusaBali
Partai NasDem mulai memunculkan petarungnya di Pemilu 2024. Salah satu kader yang menjabat sebagai  Dewan Pakar DPW NasDem Bali Nengah Senantara bertarung sebagai caleg (calon legislatif) DPR RI dapil Bali.

Senantara yang pengusaha kelahiran Desa/Kecamatan Kubu, Karangasem ini mendeklarasikan diri tarung ke Senayan saat melepas rombongan Tirta Yatra para Sulinggih dan Jero Mangku dari Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) Korlap Gianyar ke Pura Gunung Salak, dan Subang, Jawa Barat, di Kantor DPW NasDem, Jalan Cokorda Agung Tresna Niti Mandala Denpasar, Minggu (9/4).

Menariknya saat itu hadir Jero Mangku Gede I Ketut Sudikerta yang mantan Ketua DPD I Golkar Bali dan Wakil Gubernur Bali periode 2013-2018. Sudikerta disebutkan hadir sebagai penyade (memberikan support secara niskala) kepada Senantara dan rombongan Tirta Yatra. Ada tiga bus dengan kapasitas 50 orang berisi rombongan Tirta Yatra yang diberangkatkan Senantara bersama Jero Mangku Gede Sudikerta ditandai dengan kibasan bendera Partai NasDem. Rombongan Tirta Yatra ini difasilitasi Senantara atas keikhlasan sendiri.

Sebelum dilepas, Jero Sudikerta memberikan dukungan moral dan wejangan kepada Senantara di Aula Kantor DPW NasDem Bali. Jero Gede Sudikerta mengatakan dirinya hadir memberikan support secara niskala, tidak hadir untuk berpolitik. "Saya hadir di sini (Kantor NasDem) melepas rombongan Tirta Yatra untuk memberikan support moral. Tiyang Jero Gede tidak lagi bicara politik. Karena sudah ngayah untuk umat," ujar mantan Wakil Bupati Badung ini.

Jero Gede Sudikerta juga berpesan kepada Senantara, kalau lolos dan duduk di DPR RI nanti supaya memilih duduk di badan anggaran. Sehingga bisa memperjuangkan anggaran pusat secara maksimal untuk dibawa ke Bali. "Kalau duduk di Badan Anggaran, bisa maksimal membantu Bali. Itu pengalaman saya saat di politik. Dengan catatan harus bagus kooordinasinya dengan pemerintah di daerah," ujar Jero Gede Sudikerta.

Sementara Senantara di hadapan Jero Mangku dan Sulinggih menegaskan, bahwa Tirta Yatra digelar untuk mengajegkan Agama Hindu dan menambah pengetahuan tentang keberadaan serta perkembangan Umat Hindu di Nusantara. "Tirta Yatra ini untuk ajegkan Agama Hindu dan mengetahui perkembangan Hindu di Nusantara, serta menguatkan ajaran Hindu yakni Panca Srada (lima dasar keyakinan Hindu, red)," ujar Senantara. Selain itu, Tirta Yatra juga bertujuan untuk implementasikan konsep Tri Hita Karana, konsep hubungan harmonis antara manusia dengan manusia, manusia dengan alam dan manusia dengan Tuhan. "Yang tak kalah penting adalah mewujudkan ajaran Tri Kaya Parisudha, berpikir, berkata dan berbuat yang baik," ujar Senantara.

Terkait maju ke DPR RI, Senantara sangat yakin bisa menembus Senayan dengan jaringan yang dimiliki. "Saya lahir di Karangasem, besarnya di Buleleng dan tempat usaha ada di Denpasar dan Gianyar. Jadi jaringan ini saya gunakan untuk modal dukungan ke DPR RI, kita ada jaringan di seluruh Bali," ujar Senantara. Dia menyebutkan dirinya punya visi misi memperjuangkan aspirasi masyarakat terkait dengan Ajegnya Adat Budaya Bali dan ekonomi kerakyatannya yang dikenal dengan Lembaga Perkreditan Desa. "Kita harus jaga, perkuat dan ajegkan Agama Hindu, adat dan Budaya Bali serta ekonomi kerakyatannya melalui LPD," ujar pemilik salah satu Bank Perkreditan Rakyat di Gianyar ini. Senantara mengatakan,Jero Mangku yang diajak Tirta Yatra diharapkan menjadi penyebar aura positif Agama Hindu di Bali dan daerah lainnya.

Senantara yakin, dengan doa dari Jero Mangku jalan lapang pasti ada untuk tulus memperjuangkan Bali. "Saya berharap dengan doa dan aura positif Jero Mangku, NasDem bisa merebut kursi DPR RI dapil Bali. Sehingga NasDem pecah telur karena belum ada perwakilan di DPR RI dapil Bali," ujar besan dari Anggota Wantimbang DPD I Golkar Bali Gede Wiratha ini. *nat

Komentar