nusabali

Pelindo Denpasar Buka Layanan Angkutan Lebaran 24 Jam

Pelni Operasikan Tiga Kapal Selama Lebaran

  • www.nusabali.com-pelindo-denpasar-buka-layanan-angkutan-lebaran-24-jam

Pelindo Denpasar memastikan fasilitas tersedia dan beroperasi optimal untuk mendukung penumpang yang berangkat dan yang baru tiba di Pelabuhan Benoa.

DENPASAR, NusaBali

Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali membuka posko layanan angkutan Lebaran selama 24 jam. Keberadaan posko layanan angkutan Lebaran itu untuk memberikan kemudahan kepada pemudik.

“Kami buka 24 jam baik kesiapan tempat dan pelayanan untuk semua penumpang,” kata General Manager Pelindo Cabang Pelabuhan Benoa Anak Agung Gede Agung Mataram, di Denpasar, Jumat (7/4).

Posko angkutan Lebaran itu dibuka mulai Jumat (7/4) ini hingga 8 Mei 2023, yang didirikan di Terminal Penumpang Domestik, Dermaga Timur Pelabuhan Benoa, Denpasar.

Posko tersebut nantinya diharapkan membantu penumpang dan calon pemudik di antaranya terkait informasi keberangkatan kapal, pengamanan hingga kesehatan khususnya selama musim mudik Lebaran.

Pos pelayanan itu dilaksanakan bersama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Benoa dan BUMN bidang pelayaran, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Denpasar.

Selain itu, juga ada instansi dari TNI Angkatan Laut, Polisi Air dan Udara Polda Bali, Kantor SAR Denpasar, Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Denpasar, Kantor Kesehatan Pelabuhan Denpasar Wilayah Kerja Benoa, Imigrasi Kelas I Denpasar, serta Kantor Distrik Navigasi Benoa.

Tak hanya itu, Pelindo Denpasar juga memastikan fasilitas tersedia dan beroperasi optimal untuk mendukung penumpang atau pemudik yang berangkat dan penumpang yang baru tiba di Pelabuhan Benoa. Fasilitas itu di antaranya mesin pemindai atau X-ray, ruang tunggu hingga fasilitas kesehatan.

Di sisi lain, Kepala Cabang Pelni Denpasar Muhammad Ardiansyah, menyebut mengoperasikan tiga dari empat unit kapal motor (KM) selama periode angkutan Lebaran pada 7 April hingga 8 Mei 2023 di Pelabuhan Benoa, Denpasar. “Satu armada singgah di pelabuhan lain untuk bantuan angkutan Lebaran,” kata Kepala Pelni Denpasar Muhammad Ardiansyah di Denpasar, seperti dilansir Antara, Jumat (7/4).

Berdasarkan data dari Pelni Denpasar pada Minggu (2/4), satu kapal motor yang diperbantukan itu yakni KM Leuser yang dijadwalkan melayani rute baru selama Lebaran 2023, di antaranya yakni Kumai-Semarang-Surabaya-Batulicin-Sampit. Adapun jadwal sebelumnya KM Leuser yakni Surabaya-Benoa kemudian menuju kota-kota di Indonesia Timur yakni Bima-Labuan Bajo-Makkasar-Bau Bau-Wanci-Namrole-Ambon-Saumlaki-Tual-Dobo-Timika-Agats hingga Merauke.

Upaya peralihan rute KM Leuser itu untuk meningkatkan pelayanan angkutan sebagai antisipasi lonjakan penumpang pada Lebaran 1444 Hijriah, sehingga BUMN itu perlu melakukan penyesuaian operasi.

Rencananya, KM Leuser baru kembali singgah melayani penumpang di Pelabuhan Benoa setelah periode angkutan Lebaran pada 10 Mei 2023.

Ardiansyah menambahkan peralihan satu armada di Pelni Denpasar itu, kata dia, karena pergerakan pemudik tidak besar di Pelabuhan Benoa. Angkutan penumpang di Pelabuhan Benoa, lanjut dia, pergerakannya lebih signifikan untuk wisatawan mancanegara dan penumpang tujuan Indonesia timur khususnya saat periode Natal dan Tahun Baru.

Dengan perbantuan KM Leuser itu, maka angkutan Lebaran di Pelni Denpasar yang melayani angkutan pemudik di Pelabuhan Benoa hanya tiga unit yakni KM Awu, KM Tilongkabila, dan KM Binaiya. *ant

Komentar