nusabali

Satpol PP Jembrana Tambah Mobil Damkar

  • www.nusabali.com-satpol-pp-jembrana-tambah-mobil-damkar

NEGARA, NusaBali
Dalam upaya meningkatkan penanganan kebakaran, Satpol PP Kabupaten Jembrana menambah satu unit armada mobil pemadam kebakaran (damkar).

Mobil damkar anyar dengan kapasitas tangki mencapai 3.500 liter tersebut, diserahkan Bupati Jembrana I Nengah Tamba kepada Kasatpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya, di lapangan parkir GOR Kresna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Kecanatan Jembrana, Kamis (6/4).

Acara penyerahan mobil damkar itu, turut diisi dengan kegiatan simulasi penanganan kebakaran serta penanganan hewan liar oleh jajaran Damkar Satpol PP Jembrana. Acara itu, juga dihadiri Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna bersama Sekda I Made Budiasa dan sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Jembrana

Bupati Tamba mengungkapkan, dengan wilayah Kabupaten Jembrana yang cukup luas, idealnya di setiap kecamatan memiliki pos dan armada pemadam kebakaran. Pihaknya pun berencana secara bertahap akan menambah armada pemadam kebakaran dan SDM yang ada untuk nantinya bisa ditempatkan di masing-masing pos kecamatan.

"Kalau kita punya 1 kantor dan pusat pelayanan di sini, mungkin tidak akan bisa segera menangani karena wilayah kita luas. Perlu disetiap kecamatan ada. Tapi itu membutuhkan biaya dan anggaran termasuk tenaganya. Pelan-pelan begitu kita memiliki anggaran yang cukup, pasti kita akan mengarah ke situ," ucap bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Sementara Kasatpol PP Jembrana I Made Leo Agus Jaya mengatakan, penambahan armada damkar ini sangat penting. Terlebih belakangan ini kasus kebakaran mulai sering terjadi di Jembrana. "Saya berterimakasih kepada Pemerintah Daerah, Pak Bupati sudah membantu menambahkan kendaraan Pemadam Kebakaran. Karena mengingat akhir-akhir ini kejadian semakin meningkat. Rata-rata hampir 7 kejadian per bulan," ucapnya.

Leo menuturkan, untuk saat ini Satpol PP Jembrana memiliki 5 unit mobil Damkar. Di mana dua masih dalam proses perbaikan dan 3 unit lainnya siap untuk bertugas. "Sekarang total unit kita ada 5. Dalam kondisi rusak 2 dan masih di bengkel. Yang optimal ada 3 unit," ucapnya.

Leo menambahkan, selain mobil damkar, mobil tangki air juga sangat penting untuk ditambah karena memiliki peran penting untuk menyuplai air kepada mobil damkar. "Mobil tangki juga perlu diperbanyak sebagai penyuplai. Seperti tadi, mobilnya sudah canggih bisa nyedot air langsung, tapi sumber air belum tentu ada," ujarnya. *ode

Komentar