nusabali

Pasar Murah Sasar 5 Desa di Jembrana

  • www.nusabali.com-pasar-murah-sasar-5-desa-di-jembrana

NEGARA, NusaBali
Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Jembrana menggelar pasar murah di 5 desa/kelurahan.

Mengawali rangkaian pasar murah tersebut, diadakan pasar murah di Kantor Desa Cupel, Kecamatan Negara, Jembrana, Kamis (6/4) sore.

Kegiatan pasar murah yang diadakan di Kantor Desa Cupel, itu sempat dipantua langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba. Adanya pasar murah yang menyediakan berbagai sembako dengan harga lebih murah dari pasaran itu pun disambut antusias warga. "Warga cukup antusias. Terutama yang mencari bahan pokok, seperti beras, gula, telur, dan lainnya," ujar Pejabat Fungsional Analis Perdagangan pada Dinas Koperindag Jembrana I Putu Gede Mahaputra, Jumat (7/4).

Selain di Cupel, Mahaputra mengaku, kegiatan pasar murah ini juga akan diadakan di 4 desa lainya. Di antaranya di Desa Pengembangan, Kecamatan Negara, pada Senin (10/4). Di Kelurahan Loloan Barat, Kecamatan Negara, pada Rabu (12/4). Di Desa Air Kuning, Kecamatan Jembrana, pada Jumat (14/4). Dan terkahir di Kelurahan Gilimanuk, Kecamatan Melaya, pada Selasa (18/4).

"Lokasi pasar murah kami pusatkan di tiap Kantor Desa. Semuanya kami jadwalkan start dari sore pukul 16.00 Wita hingga selesai. Seperti kemarin di Cupel, kami buka sampai pukul 18.30 Wita," ucap Mahaputra.

Mahaputra mengaku, dalam pasar murah itu juga disediakan berbagai komoditas bumbu dapur seperti bawang dan cabai. Termasuk ada jajanan ataupun roti yang disediakan para UMKM binaan Diskoperindag Jembrana. "Selain menstabilkan harga di pasaran, pasar murah ini juga bertujuan membantu warga yang akan merayakan Idul Fitri," ujarnya.

Menurut Mahaputra, harga sejumlah sembako di pasaran saat ini, masih relatif stabil. Harga sejumlah komoditas bumbu dapur yang sempat meroket saat awal bulan Ramadan, sudah menurun. Sepeti cabai rawit yang beberapa waktu lalu sempat menembus hingga Rp 80.000 per kilogram (kg), sudah turun di kisaran Rp 35.000 per kg.

"Dari monitoring terakhir per hari Kamis (6/4) lalu, harga cabai rawit juga turun dari Rp 40.000 menjadi Rp 35.000 per kg. Kemudian cabai besar turun dari Rp 30.000 menjadi Rp 28.000 per kg," ucap Mahaputra. *ode

Komentar