nusabali

Pedagang Kain di Pasar Loka Crana akan Dipindahkan ke Pasar Kidul

  • www.nusabali.com-pedagang-kain-di-pasar-loka-crana-akan-dipindahkan-ke-pasar-kidul

BANGLI, NusaBali
Pedagang kain yang kini masih menempati kios di Pasa Loka Crana akan dipindahkan ke Pasar Kidul Bangli.

Rencana pemindahan tersebut sudah dibahas sejak tahun lalu oleh Pemkab Bangli. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangli I Wayan Gunawan mengaku masih membahas terkait pemindahan tersebut. Kata Gunawaan, pemindahan pedagang akan didahului dengan rapat melibatkan pihak pengelola pasar. Rapat nantinya membahas masalah teknis pemindahan pedagang. "Kami akan gelar rapat dulu dengan pihak pengelola pasar. Kami tidak ingin saat pemindahan para pedagang  berebutan mencari tempat. Teknis untuk menentukan tempat bagi pedagang nanti akan kita bahas dalam rapat,” ungkapnya Selasa (4/4).

Di sisi lain, kios di Pasar Kidul sejatinya belum finishing setelah dilakukan rehab. Berkaitan dengan itu, Gunawan menyebutkan saat pemidahan sambil berjalan, kios akan difinishing lagi. Pemindahan pedagang kain harus dilakukan mengingat kios Pasar Loka Crana tahun ini akan direvitalisasi. "Sesuai rencana kios direvitalisasi dan akan dimanfaatkan untuk Kantor Dinas Perhubungan dan Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Bangli," jelasnya.

Untuk melanjutkan revitalisasi Pasar Kidul,  Pemkab Bangli tahun ini mengalokasikan anggaran Rp 1,4 miliar lebih. "Biar kegiatan bisa sama-sama jalan, maka pedagang kain dalam waktu dekat di pindah ke Pasar Kidul,” sebutnya.

Saat ini, sebagian bangunan Pasar Loka Crana sudah ditempati sebagai kantor sejumlah OPD. OPD yang berkantor di Lokasi Crana yakni Disperindag, Disdukcapil, BKPAD Bangli. *esa

Komentar