nusabali

Jelang Galungan, Pasar Kidul Menggeliat

  • www.nusabali.com-jelang-galungan-pasar-kidul-menggeliat

Puncak keramaian pasar terjadi pada H-2 hari raya Galungan. Dipastikan akan banyak bermunculan pedagang musiman untuk mengais rejeki.

BANGLI, NusaBali
Menjelang Hari Raya Galungan, Buda Kliwon Dungulan, Rabu (28/2), aktivitas Pasar Kidul Bangli mulai menggeliat. Puncak keramaian diprediksi akan terjadi pada H-2 Galungan atau pada Hari Penyajaan, Senin (26/2). 

Guna mengantisipasi lonjakan pedagang maupun pengunjung, pengelola pasar mulai melakukan persiapan. Kepala Pasar Kidul Bangli I Dewa Gde Agung Adi Oka mengatakan berkaca dari hari raya Galungan sebelumnya, biasanya aktivitas pasar mulai meningkat tiga hari sebelum hari raya. Puncak keramaian pasar terjadi pada H-2 hari raya Galungan. Dipastikan akan banyak bermunculan pedagang musiman untuk mengais rejeki. 

"Memang jelang hari raya akan dibarengi dengan munculnya pedagang musiman. Untuk mengantisipasi melubernya pedagang musiman kami bersama petugas pasar akan mengatur tempat mereka berjualan dan rentan waktu berjualan hingga pukul 09.00 Wita,” jelasnya, Jumat (23/2).

Terkait keamanan dan kelancaran arus lalin, pihaknya akan berkoordinasi depan pihak kepolisian, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Bangli.

Dihubungi terpisah, Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan Bangli Ida Bagus Widanyana mengatakan pada hari –hari biasa untuk pengaturan arus lali di seputaran pasar Kidul diback up  petugas  dari  bidang angkutan. 

Sedangkan jelang Hari Raya Galungan yang dibarengi dengan semakin ramainya pasar, maka akan dilakukan penebalan  atau menambah jumlah  petugas yang akan melakukan pengaturan  arus lalin. "Untuk pengaturan arus lalin kami bersinergi dengan pihak kepolisian,” ujarnya.

Lanjutnya, arus lalin di kawasan Pasar Kidul akan dialihkan ketika terjadi peningkatan volume kendaraan. "Pengalihan akan dilakukan, namun melihat situasi di lapangan jika volume kendaraan meningkat," sambungnya.7esa

Komentar