nusabali

Gas Meledak, Pabrik Pia Susu Ludes, Satu Luka Bakar

  • www.nusabali.com-gas-meledak-pabrik-pia-susu-ludes-satu-luka-bakar

DENPASAR, NusaBali
Kebakaran hebat menimpa pabrik kue rumahan milik Chandra Sasminto, 60 di Jalan Pulau Moyo, Perum Green Kori 3 Nomor 20, Kelurahan Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Selasa (4/4) sekitar pukul 07.00 Wita.

Selain menghanguskan rumah dan tempat usaha pembuatan pia susu, peristiwa itu juga mengakibatkan satu orang mengalami luka bakar. Korban yang mengalami luka bakar bernama Melkianus Tanggu, 22. Korban menderita luka bakar pada kaki, tanggan, leher, kepala. Akibat luka serius yang diderita korban harus mendapatkan perawatan serius di RSUP Prof IGNG Ngoerah Fenpasar.

Sebelum terjadi kebakaran, Chandra Sasminto bersama para karyawannya sedang membuat jajan pia. Pada saat itu Melki mengecek isi tabung gas. Sayangnya Milki ceroboh. Dia menusuk tabung gas itu dekat kompor yang menyala. Seketika gas yang keluar dari dalam tabung tersebut disambar api kompor.

"Seketika api membesar membakar dapur dan korban yang saat itu berada di dekat api kompor. Sementara Chandra Sasminto dan karyawan lainnya pilih kabur ke luar rumah sambil berteriak minta tolong," ungkap Kasi Humas Polresta Denpasar AKP Ketut Sukadi dalam keterangan persnya kemarin siang.

Peristiwa kebakaran yang terjadi di tengah pemukiman padat penduduk itu mendapat respons cepat dari BPBD Kota Denpasar. Saat tiba di lokasi regu pemadam langsung melokalisir api agar tidak merembet ke bangunan lain di sekitarnya.

Meski berhasil menjinakkan api, namun rumah tersebut tak bisa diselamatkan. Kebakaran itu dengan cepat membesar karena di dapur ada dua tabung gas ukuran 12 Kg. Seketika api sudah sampai ke bubung rumah. Api baru benar-benar berhasil dijinakan pukul 08.00 Wita.

"Dugaan awal kebakaran disebabkan karena gas bocor dan mengeluarkan api. Atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya luka bakar dan kerugian material diperkirakan sebesar kurang lebih Rp 30 juta," pungkasnya. Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat RSUP Prof Ngoerah Dewa Ketut Kresna dikonfirmasi Selasa (4/4) sore menyampaikan, korban atas nama Melkianus Tanggu, 23, diterima pihaknya pada Instalasi Gawat Darurat (IGD), Selasa (4/4) pagi. Setelah mendapat mendapat perawatan, korban kemudian dirujuk untuk melakukan rawat jalan oleh dokter.

Korban Melkianus Tanggu sendiri mengalami luka bakar pada kedua kakinya. "Yang bersangkutan bisa pulang pada hari yang sama," ujar Dewa Kresna. *pol, cr 78

Komentar