nusabali

Petugas Rutan Negara Dilatih Padamkan Api

  • www.nusabali.com-petugas-rutan-negara-dilatih-padamkan-api

NEGARA, NusaBali - Menyadari pentingnya antisipasi terhadap bahaya kebakaran, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Negara, Jembrana, menggelar pelatihan dan simulasi tanggap bencana kebakaran di halaman rutan setempat, Jumat (17/5). Pelatihan dengan mengandeng pihak Pemadam Kebakaran Jembrana, ini diikuti seluruh petugas rutan.

Pelatihan yang dipandu oleh Kepala Seksi Pemadam Kebakaran (Kasi Damkar) pada Sat Pol PP Jembrana Kade Bagus Darmawan bersama timnya, ini diawali dengan penyampaian materi tentang jenis-jenis alat pemadam kebakaran, teori segitiga api, serta teknik-teknik pemadaman api. Selanjutnya para petugas rutan diajak untuk mempraktikkan teknik-teknik tersebut, seperti penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), pasir, dan kain basah.

Kepala Rutan Negara Lilik Subagiyono mengatakan, pelatihan dan simulasi ini dilaksanakan sebagai deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban yang disebabkan bencana non alam, khususnya kebakaran. "Kebakaran dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, termasuk di rutan. Oleh karena itu, pelatihan ini sangat penting untuk membekali petugas dengan pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam menanggulangi kebakaran," ujar Lilik.

Selain pelatihan, tim Damkar pada Sat Pol PP Jembrana juga melakukan pemeriksaan terhadap seluruh tabung APAR yang ada di Rutan Negara untuk memastikan kondisinya siap pakai. Lilik pun mengingatkan para petugas rutan untuk melakukan perawatan dan pengecekan APAR secara berkala, serta memperhatikan masa kedaluwarsanya.

"Saya harap dengan pelatihan dan simulasi ini, Rutan Negara dapat terhindar dari musibah kebakaran. Petugas Rutan yang telah dibekali pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni diharapkan dapat mengatasi kebakaran dengan cepat dan tepat, baik yang disengaja maupun tidak disengaja," ujar Lilik.

Lilik menambahkan, kegiatan ini juga menjadi wujud komitmen Rutan Negara dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para penghuninya dengan mengedepankan aspek keamanan dan keselamatan. Dengan kesiapsiagaan dan kemampuan yang dimiliki, petugas rutan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para penghuni serta menciptakan lingkungan rutan yang kondusif.

Sementara salah satu petugas Rutan Negara, Renaldi mengaku sangat menyambut baik kegiatan pelatihan tanggap bencana kebakaran ini. "Kegiatan ini sangat seru dan bermanfaat. Kita jadi memahami apa saja penyebab terjadinya kebakaran dan bagaimana cara memadamkannya. Apalagi kita juga diajak untuk terjun langsung dalam mempraktikkan cara memadamkan api. Jadi petugas bisa lebih sigap dan siap apabila terjadi musibah kebakaran," ujarnya.7ode

Komentar