nusabali

Siswa PAUD Jembrana Antusias Paradekan Ogoh-ogoh

  • www.nusabali.com-siswa-paud-jembrana-antusias-paradekan-ogoh-ogoh

NEGARA, NusaBali
Menyambut Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1945, Pasikian Yowana Kabupaten Jembrana bersama Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) Jembrana menggelar parade ogoh-ogoh TK/Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se- Kabupaten Jembrana, Jumat (17/3).

Dipadati ribuan penonton,  anak-anak usia dini ini pun tampak begitu antusias mengikuti parade tersebut. Ditandai dengan pemukulan kul-kul, parade ogoh-ogoh TK/PAUD Se-Kabupaten Jembrana ini dibuka oleh Staf Ahli Bupati Jembrana Bidang Ekonomi Pembangunan dan Keuangan Ni Nengah Wartini bersama jajaran Forkopimda Jembrana. Dalam sambutan Bupati yang dibacakan Wartini, pihaknya sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini.

"Saya merasa bahagia sekali. Karena melihat perkembangan anak-anak kita yang mulai menyadari tentang penanaman dan pemahaman arti budaya dan agama, yang mulai tumbuh kembang sejak dini pada anak-anak di Kabupaten Jembrana," ucap Wartini mewakili Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, ajang ini pun sebagai awal pengembangan kreativitas anak-anak pada budaya tradisi dan kearifan lokal dalam bentuk atraksi ogoh-ogoh. Hal ini pun membuktikan bahwa anak-anak Jembrana juga bisa berkreativitas di kancah seni. Walaupun sebatas pengikut, semua ini dinilai menjadi awal pemahaman dalam menjaga keajegan Bali.

Sementara Ketua Panitia, Ni Komang Cintya Nadia Putri mengatakan, parade ogoh-ogoh TK/PAUD ini diikuti 36 TK/PAUD se-Kabupaten Jembrana. Total ada sebanyak 2.055 anak-anak yang berpartisipasi dalam parade ini, dan menampilkan total 42 ogoh-ogoh. "Tujuannya mengenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak sejak dini. Dan ini merupakan salah satu program pembelajaran pengembangan kreativitas anak-anak dengan konsep kebersamaan dan gotong royong," ujarnya. *ode

Komentar