nusabali

Persiapan Suntik Mati TV Analog, 80 Persen STB Didistribusikan di Tabanan

  • www.nusabali.com-persiapan-suntik-mati-tv-analog-80-persen-stb-didistribusikan-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Distribusi set top box (STB) gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di Tabanan menjelang
Analog Switch Off (ASO) pada tanggal 20 Maret 2023 sudah mencapai 80 persen.

Dari 2.398 STB yang dibantu sudah 1.917 yang didistribusikan kepada masyarakat kurang mampu. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tabanan I Putu Dian Setiawan mengatakan distribusi STB ini dilakukan langsung oleh pihak ketiga yang diajak bekerjasama oleh pusat. Dan saat ini pendistribusian sudah mencapai 80 persen. "Kami targetkan untuk 100 persen pendistribusian tuntas 5 hari lagi," jelasnya, Selasa (15/3).

Kata dia, mekanisme pendistribusian STB ini langsung diberikan kepada calon penerima yang sudah ditentukan pusat langsung. Sehingga Diskominfo Tabanan hanya membantu mencarikan data alamat penerima lewat koordinasi dengan desa. "Jadi siapa saja nama-nama yang dapat itu langsung dari pusat sesuai dengan data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial)," terangnya.

Dan dengan sebagian STB telah didistribusikan diakui Dian Setiawan tak sampai menemukan kendala yang berarti. Hanya saja memang ada beberapa penerima bantuan yang saat didatangi petugas, mereka tidak ada di rumah karena bekerja di ladang ataupun ada kegiatan lainnya.

Meski demikian, petugas tetap menyiasati dengan menyasar penerima bantuan ini tidak hanya pagi melainkan siang dan malam hari. “Di Tabanan sejauh ini tidak ada kendala, hanya saja masalah waktu untuk ketemu penerima yang terkadang mereka tidak ada di rumah, kalau masalah jarak masih bisa diatasi, karena memang ada beberapa wilayah seperti kecamatan Pupuan dan Penebel yang memang lokasinya jauh jadi perlu waktu,” terangnya.

Terkait dengan hal ini, mantan Kabag Humas Pemkab Tabanan inipun mengimbau pada masyarakat, karena ini adalah program pemerintah dalam rangka menerapkan digitalisasi khususnya memperbaiki kualitas siaran dan diamanatkan juga dalam UU Cipta Kerja, untuk masyarakat lainnya yang masih memakai TV analog mempersiapkan diri untuk switch off  pada tanggal 20 Maret 2023. “Jangan setelah itu baru mencari STB, tentu toko elektronik tidak bisa menyediakan jumlah yang banyak, namun bisa diakali dari awal, membeli secara online, karena digital kualitas gambar tentu akan lebih bersih dan suara lebih bagus,”sarannya. *des

Komentar