nusabali

Sebanyak 4.589 Warga Denpasar Sudah Dapat STB Gratis

Kuota STB Denpasar Sebanyak 5.131 Penerima

  • www.nusabali.com-sebanyak-4589-warga-denpasar-sudah-dapat-stb-gratis

DENPASAR, NusaBali
Pendistribusian set top box (STB) di Kota Denpasar masih berlanjut. Sebanyak 4.589 warga sudah mendapatkan STB untuk penyaluran tahap II.

Sementara target kuota di Denpasar sebanyak 5.131 penerima. Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Diskominfos) Kota Denpasar Dewa Ngakan Ketut Rama Sanjaya, Rabu (5/4), mengatakan penyaluran STB di Kota Denpasar berlangsung dalam dua tahap.


Untuk distribusi tahap I sudah dilaksanakan awal 2022 terdiri dari 208 (kantor pos) dan 122 (Nusantara TV). Selanjutnya pada pertengahan 2022 terbit radiogram dari Kemendagri yang mewajibkan menggunakan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) sebagai data dasar.

Data yang ditetapkan melalui SK Walikota kemudian dikirim ke Kementerian Kominfo RI untuk divalidasi. Dari hasil validasi, Denpasar mendapatkan kuota sejumlah 5.131 untuk mendapatkan bantuan STB tahap II.

Data divalidasi dulu di desa/kelurahan maka akan muncul angka calon penerima STB. Dari jumlah itu akan dijadikan patokan siapa saja calon penerima STB. “Data P3KE yang divalidasi oleh desa atau kelurahan, muncul 14.578 calon penerima STB yang ditetapkan melalui SK Walikota,” jelasnya.

Selanjutnya, kata Sanjaya, data SK Walikota tersebut dikirim ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk divalidasi kembali. “Dari hasil validasi, Denpasar mendapat kuota sebanyak 5.131 bantuan STB tahap II,” ucap Sanjaya.

Dia menambahkan, dalam distribusi tahap II, Kementerian Kominfo RI menunjuk 3 lembaga penyiaran swasta (LPS) penyelenggara multipleksing yakni Viva, SCM, dan Trans. Sampai saat ini, untuk distribusi STB di wilayah Denpasar per 3 April 2023 sudah menjangkau 4.589 orang.

Jumlah ini setara dengan 89,4 persen dari kuota yang diberikan untuk Denpasar. “Sampai saat ini masih berlangsung distribusi STB dari pihak Trans di wilayah Denpasar Selatan,” ungkap Sanjaya. *mis

Komentar