nusabali

Guardiola Kritik Haaland

  • www.nusabali.com-guardiola-kritik-haaland

Pep menuntut bomber asal Norwegia itu lebih rajin meski telah tampil luar biasa dengan torehan 34 gol dalam musim debut di Liga Primer.

MANCHESTER, NusaBali

Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengkritik performa bomber timnya, Erling Haaland, yang dianggap hanya bermain ’ngendok’ di depan gawang lawan.

Haaland memang tampil menggila selama beberapa bulan pertama di City. Ia mencetak sepasang gol pada debutnya di Liga Primer Inggris kontra West Ham, sebelum menorehkan hattrick dalam laga versus Crystal Palace, Nottingham Forest, Manchester United dan Wolves!

Sebagaimana dikutip Goal, keran gol striker berusia 22 tahun itu mulai seret dalam beberapa pertandingan terakhir. Sang pemain hanya menyumbangkan tiga gol dalam tujuh penampilan terakhir di berbagai ajang. Ia juga gagal mencetak gol saat timnya ditahan imbang RB Leipzig 1-1 pada pertemuan pertama babak 16 besar Liga Champions.  Gol City  dicetak Riyad Mahrez sebelum disamakan oleh Josko Gvardiol pada paruh kedua.

Kini ketajaman Haaland juga dinantikan saat kedua tim  bertemu di leg 2 di Stadion Etihad, Rabu (15/3) dini hari tadi. "Saya tidak suka kepada pemain yang hanya menunggu bola di dalam kotak penalti untuk mencetak gol," ucap Guardiola dalam sesi temu pers pralaga.

"Ya, (mencetak gol) itu penting, itu hal utama, tapi itu bukan hanya yang kami inginkan dari dia," tutur juru taktik asal Spanyol itu. "Kami membutuhkan dia untuk terlibat aktif dalam permainan. Ketika kami jauh dari kotak penalti lawan, dia tidak bisa mencetak gol. Dalam hal ini, dia seharusnya bisa lebih baik," tambahnya.

Beberapa pihak meyakini bahwa kedatangan Haaland memang belum meningkatkan kualitas tim asuhan Guardiola. Sebelumnya, nama terakhir memang diketahui lebih menginginkan bintang Tottenham Hotspur, Harry Kane, yang bisa lebih terlibat dalam permainan.

Adapun gelar Liga Champions perdana masih jadi target utama City musim ini setelah mereka cuma jadi runner-up pada musim 2020/21 usai dikalahkan Chelsea 1-0 di Porto. Di Liga Primer, The Citizens masih terpaut lima poin dari pemuncak klasemen sementara Arsenal dengan sisa 11 pertandingan.

Sementara di Piala FA, Si Bulan Biru telah berada di perempat-final untuk menghadapi jagoan Divisi Championship, Burnley.

Sebaliknya pelatih RB Leipzig, Marco Rose, mengaku tidak habis pikir dengan kritik yang dilontarkan Guardiola kepada Haaland. "Jika Anda tidak menginginkannya, kirimkan dia kepada saya! Saya akan membawanya," ucap Rose dalam konferensi pers sebelum pertandingan.

"Saya sangat terkejut dengan (kritik) tersebut. Dia mencetak 28 gol dalam 26 pertandingan di Liga Inggris. Jika Anda menghilangkan gol-gol itu, saya tidak tahu di mana City berada."

Adapun Haaland hanya membutuhkan lima gol lagi untuk menyamakan rekor gol terbanyak Liga Primer dalam semusim yang dipegang Mohamed Salah dengan 32 gol pada musim 2017/18.*

Komentar