nusabali

PMI Gianyar Lantik Pengurus PMR Wira SMAN 2 Gianyar

  • www.nusabali.com-pmi-gianyar-lantik-pengurus-pmr-wira-sman-2-gianyar

GIANYAR, NusaBali
Ketua PMI Kabupaten Gianyar Ni Made Ratnadi melantik pengurus dan anggota Palang Merah Remaja Wira Sadu SMAN 2 Gianyar, Sabtu (11/3).

Pelantikan yang dirangkai dengan pelatihan bertempat di Wantilan Pura Samuantiga Desa Bedulu Kecamatan Blahbatuh sampai Minggu (12/3). Ketua PMI Kabupaten Gianyar Ni Made Ratnadi mengapresiasi SMAN 2 Gianyar yang meski tergolong masih seumur jagung, sudah berhasil membentuk PMR. "Kami apresiasi luar biasa. Meski baru, sekolah sudah membuka ruang bagi anak-anak menumbuhkan jiwa kemanusiaan," ujarnya.

Ratnadi berharap, pengurus dan anggota PMR Wira Sadu yang dilantik dan dilatih kali ini bisa menukarkan semangat kemanusiaan pada adik-adik kelasnya di kemudian hari. "Kami senang, karena akan semakin banyak yang peduli dengan kemanusiaan," ungkap Srikandi anggota DPRD Kabupaten ini.

Dijelaskannya pula, PMI Kabupaten Gianyar aktif melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. Tidak saja menyasar kalangan SMA, relawan juga bergerak ke SMP bahkan SD. "Kita ingin mengajak anak-anak sejak dini ikut terlibat dalam misi kemanusiaan. Minimal, mereka bisa membantu ketika mereka melihat teman sakit atau kesusahan," ujar politisi asal Desa Buruan ini. PMI Gianyar pun aktif melakukan pendampingan dan memberikan arahan terkait misi kemanusiaan. "Kami juga punya Satuan Inti yang sudah mengikuti Diklat khusus. Jadi ketika ada kegiatan seperti ini, markas PMI bersama Satin turun mendampingi adik-adik PMR," terang Ratnadi.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Gianyar I Gede Eka Sumaya Putra SPd MPd mengatakan bersyukur sekolah yang baru menerima 2 angkatan siswa ini bisa mewujudkan cita-cita bersama membentuk PMR. "Anak-anak kami masih haus dengan materi kepalangmerahan. Jadi mereka sangat antusias," ujar Kasek asal Klungkung ini. Pelatihan dan pelantikan ini akan menjadi wadah bagi peserta didiknya untuk meningkatkan kapasitas diri. "Kesempatan anak-anak menggali lebih banyak lagi sehingga punya kemampuan yang cukup," ujarnya. Pembentukan PMR Wira Sadu pula sejalan dengan penerapan kurikulum Merdeka yakni memperkuat profil pelajar Pancasila. Utamanya memperkuat karakter siswa agar memiliki jiwa kemanusiaan. "Setelah dilantik, nanti kami akan ikuti alur kegiatan markas PMI Gianyar. Tularkan jiwa kemanusiaan melalui kegiatan lomba donor darah dan kita siap mendukung kegiatan PMI," jelasnya.

Untuk diketahui, sebelum pelantikan dan pelatihan, anggota PMR ini telah mendapatkan pembekalan 7 materi PMR selama 3 hari. Serangkaian pelantikan juga digelar kegiatan traveling kepalangmerahan sebagai media evaluasi teori dan praktek dari materi yang mereka pelajari. *nvi

Komentar