nusabali

Jasa Perawatan IT Mulai Terima Order

Sempat Nihil Pesanan

  • www.nusabali.com-jasa-perawatan-it-mulai-terima-order

DENPASAR,NusaBali
Membaiknya kondisi pariwisata Bali berdampak pada  pelaku usaha jasa penyedia  layanan perawatan dan pengadaan perangkat IT (information technology) untuk sektor pariwisata.

Dari awalnya sama sekali nihil orderan di saat pandemi, kini kalangan penyedia jasa layanan IT  sudah menerima ‘pesanan’, meskipun belum sebanyak saat kondisi normal.

Hal  tersebut disampaikan Anak Agung Gde Agung Widhyana, salah seorang penyedia jasa  servis dan pengadaan perangkat IT, Rabu(8/3).

“Ya sudah mulai ada, 1-2  kali  seminggu,” ujar pemilik Marcel CCTV di Jalan Sulatri, Banjar Batan Buah, Kesiman Petilan, Denpasar Timur.

Dikatakan Gung Widhyana, mulai adanya ‘order’ peratawan perawatan IT maupun elektronik  seiring dengan membaiknya pariwisata Bali. Kata dia, usaha sektor pariwisata seperti hotel, vila dan restoran mulai beroperasi.

 “Perangkat IT yang sebelumnya lama kurang terawat, karena barangkali  hotel, vila maupun akomodasi tak beroperasi,  kini butuh perbaikan,” ungkap pria  yang juga Wakil  Sekretaris DPP Apindo Bali.

Dari pengalamannya, jaringan koneksi biasanya mengalami gangguan, akibat lama tak berfungsi. Atau kalau tetap difungsikan, namun perawatannya secara berkala, bisa jadi kurang.

Maklum, sebagaimana diketahui akibat pandemi Covid-19, banyak fasilitas  kepariwisataan, termasuk hotel, vila, akomodasi maupun yang lainnya setop operasi. Kalaupun beroperasi, tidak optimal.  
Akibatnya, properti perangkat IT juga terdampak.

“Jaringan, kemudian kamera dan juga bagian-bagian lainnya biasanya urgen mendapat perawatan awal,” lanjutnya.

Pesanan untuk  pemeliharaan peralatan itulah, dikatakan Gung Widhyana, mulai ada. Belum banyak, namun sudah mulai ada dibanding nihil sama sekali  pada waktu pandemi.

Ke depan, seiring semakin pulihnya pariwisata Bali, Gung Widhyana optimistis permintaan jasa perawatan IT maupun pemasangan perangkat baru akan bertambah banyak.

Hal itu mengikuti membaiknya budget perusahaan, hotel dan vila maupun yang lain. “Tiyang yakin itu,” ujarnya.  *k17

Komentar