nusabali

Pemasangan Rambu Lalulintas di Tabanan Dianggarkan Rp 259 Juta

  • www.nusabali.com-pemasangan-rambu-lalulintas-di-tabanan-dianggarkan-rp-259-juta

TABANAN, NusaBali
Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan mengalokasikan anggaran Rp 259.106.000 untuk rambu lalulintas (lalin) di 2023.

Pemasangan rambu dilakukan di enam kecamatan. Data dari Dinas Perhubungan Tabanan, rambu lalin yang dipasang ini antara lain rambu lalin, petunjuk arah, guardrail atau pembatas jalan, dan pemasangan cermin cekung.

Rinciannya untuk pemasangan rambu lalin total sebanyak 20 buah. Yakni, sebanyak 12 buah akan dipasang di Kecamatan Kediri, 2 buah di Kecamatan Tabanan, dan 6 buah dipasang di Kecamatan Marga.

Kemudian pemasangan rambu petunjuk jalan total dipasang 10 buah. Akan dipasang 2 buah di Kecamatan Penebel, 2 buah di Kecamatan Tabanan, 2 buah di Kecamatan Marga, 3 buah di Kecamatan Kediri, dan 1 buah di Kecamatan Selemadeg. Lalu untuk guardrail akan dipasang di Kecamatan Kediri sepanjang 16 meter, dan di Kecamatan Penebel sepanjang 44 meter.

Sedangkan untuk pemasangan cermin total sebanyak 10 buah. Itu akan dipasang sebanyak 1 buah di Kecamatan Penebel, 4 buah di Kecamatan Tabanan, 1 buah di Kecamatan Kerambitan, dan 4 buah di Kecamatan Kediri.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Tabanan I Gusti Agung Alit Sedana, mengatakan anggaran bersumber dari APBD Tabanan. Titik lokasi yang dipasang sudah sesuai dengan usulan di tahun sebelumnya. “Pemasangan rambu ini dilakukan bertahap,” ujarnya, Selasa (7/3).

Dikatakannya, selain dibantu anggaran dari APBD, pemasangan rambu lalulintas juga diusulkan untuk mendapat bantuan ke Pemprov Bali maupun ke balai. Namun usulan tersebut belum mendapat jawaban. “Kalau usulan disetujui, rambu lalulintas akan dipasang di sejumlah titik jalan provinsi,” kata Sedana.

Sedana menambahkan, tahun ini selain menganggarkan untuk pemasangan rambu lalin juga dialokasikan untuk pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) dengan alokasi sebesar Rp 77.668.750. Pemasangannya akan menyasar 5 titik atau unit, meliputi 1 akan dipasang di Kecamatan Tabanan, 2 unit dipasang di Kecamatan Marga, 1 unit di Kecamatan Kediri, dan 1 unit dipasang di Kecamatan Baturiti. “Semuanya sedang proses pemasangan,” tandasnya. *des

Komentar