nusabali

Dishub Tabanan Inspeksi Kalaikan Bus

  • www.nusabali.com-dishub-tabanan-inspeksi-kalaikan-bus

TABANAN, NusaBali
Dinas Perhubungan Kabupaten Tabanan mulai lakukan ramp check atau inspeksi keselamatan lalu lintas angkutan kendaraan pada masa mudik Lebaran 2023.

Inspeksi ini menyasar terminal dan PO (perusahaan otobus) bus sejak pertengahan Maret 2023. Hasilnya, dari 14 bus yang sudah diperiksa, seluruhnya masih kondisi dalam kondisi layak jalan.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan, I Made Murdika mengatakan, pengawasan sudah mulai dilakukan sejak pertengahan Maret. Inspeksi ini lebih menekankan pada pengecekan terhadap kelengkapan keselamatan lalu lintas pada angkutan umum.

Kelengkapan yang dimaksud seperti memeriksa sertifikat uji berkala, izin trayek, izin angkutan. Ada pula kelengkapan sabuk keselamatan, palu, ketersediaan kotak P3K, pemadam api, segitiga pengaman, ban cadangan, dan alat-alat kunci serta dongkrak.

"Inspeksi kendaraan ini didasari pada Surat Dirjen Perhubungan Darat  No: AJ 504/1/4/DJPD/2023 tertanggal 22 Februari 2023 lalu tentang Ramp Check mobil angkutan barang dan penumpang menjelang mudik Lebaran," akunya, Jumat (7/4).

Disebutkan kendaraan yang sudah dilakukan pemeriksaan mereka akan mendapatkan logo dari Dinas Perhubungan Tabanan. Hanya saja baik yang sudah mendapatkan logo maupun belum tetap akan dilaporkan secara berjenjang supaya bisa dipetakan keamanan dari kendaraan penumpang. "Untuk kegiatan ini dilibatkan 6 personel, jadwal inspeksi pun sewaktu-waktu," tegasnya.

Dan dari hasil inspeksi yang sudah dilaksanakan sejak pertengahan Maret sudah memeriksa dari 14 bus.  Hasil dari pemeriksaan itu rata-rata masih berstatus layak jalan. "Sebagian besar bus yang kami cek tersebut melayani trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), di mana ketika bus tersebut melintasi sejumlah kota sudah mendapat pemeriksaan yang sama dari Dishub di daerah atau kota lain," tandas mantan Camat Kediri ini. *des

Komentar