nusabali

Gubernur Bali Disambut Tari Baris Pemendak Tamiu

  • www.nusabali.com-gubernur-bali-disambut-tari-baris-pemendak-tamiu

BANGLI, NusaBali
Gubernur Bali Wayan Koster bersama Wagub Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace) menggelar acara tatap muka bersama masyarakat Kabupaten Bangli di Alun-Alun Kota Bangli pada, Minggu (26/2) malam.

Kehadiran mereka disambut dengan Tari Baris Pemendak Tamiu. Tari tersebut adalah tari kreasi yang khusus dibuat untuk menyambut Gubernur Wayan Koster.  Saat memasuki areal Alun-alun Bangli, rombongan Gubernur Koster langsung disambut para penari. Selain itu rombongan Gubernur Koster juga disuguhi arak Bali. Pengarah Tari Baris Pemendak Tamiu, I Gusti Nyoman Bagus Triana Putra bersama Made Mahindra Putra menjelaskan Bangli memiliki banyak tari baris. Tari Baris sebagai salah satu kekayaan budaya dan ciri khas masyarakat Kabupaten Bangli, sekaligus telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Kemudian dalam kunjungan Gubernur ke Kabupaten Bangli diinisiasi untuk membuat kreasi dengan Tari Baris.

"Basic Taris Baris, kemudian dikreasikan kembali sehingga menjadi tarian untuk menyambut Gubernur. Ini juga merupakan gagasan dari Bapak Bupati Bangli," jelas Gusti Triana Putra, Senin (27/2). Lanjutnya, Tari baris yang ditata khusus untuk kunjungan Gubernur Bali ini merupakan ekspresi estetik melalui visualisasi gerak ritmis para penari baris dan lantunan musikalitas skhin Rhythm (irama kulit) kendang cedugan yang dikolaborasi dengan instrumen tawa-tawa, kempur, gong dan kempli untuk memberikan degup menggemakan dan menggelorakan Tari Baris.

Tari baris selain untuk pujawali atau upacara, juga digarap dalam bentuk kreasi dengan inovasi kekinian untuk memberikan dorongan/motivasi bagi masyarakat Bangli biar jengah, tetap berkarya dan berbuat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. Pencapaian kesan heroik namun khidmat, gagah perkasa, tegas dan selalu menjunjung kebenaran untuk posisi garda depan demi tercapainya Bangli Era Baru yang aman, damai, tenteram kertaraharja.

Tari Baris Pemendak Tamiu ini merupakan hasil kerjasama Pemkab Bangli melalui Komunitas Sanggar Bajra Suara Murti Lingkungan Banjar Tegal Bebalang, Bangli, yang merupakan salah satu sanggar binaan dan mitra MBKM Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar. "Setidaknya ada 40 orang yang membawakan Tari Baris Pemendak Tamiu ini," kata Gusti Triana yang juga anggota DPRD Bangli ini.

Untuk penggarapan tari baris ini berlangsung selama satu minggu. Penata karawitan adalah I Ketut Garwa, sedangkan  penata tari I Kadek Renanda Satria Putratama. Disampaikan pula, tari baris ini nantinya akan ditampilkan untuk menyambut tamu besar lainnya jika datang ke Bangli. *esa

Komentar