nusabali

HUT Kota Denpasar Dimeriahkan 1.500 Peserta Senam Sicita

  • www.nusabali.com-hut-kota-denpasar-dimeriahkan-1500-peserta-senam-sicita

DENPASAR, NusaBali
Sebanyak 1.500 peserta Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) tampil pada apel HUT ke–235 Kota Denpasar, di Lapangan Lumintang, Denpasar Utara, Selasa (27/2/2023).

Sekda Kota Denpasar Ida Alit Wiradana didampingi Kadisdikpora Kota Denpasar Anak Agung Gede Wiratama, mengatakan penampilan pesenam ini merupakan eksibisi kolosal memeriahkan HUT ke–235 Kota Denpasar. Pesertanya merupakan gabungan dari organisasi perangkat daerah (OPD), Perusahaan Umum Daerah (Perumda), RSUD Wangaya, serta PKK desa dan kelurahan se-Kota Denpasar.

Masing-masing instansi diambil sebanyak 20 peserta. Menurut Sekda Alit Wiradana, secara khusus Senam Sicita menggambarkan nilai-nilai Pancasila dalam gerakan-gerakannya.

Sicita memiliki 4 rangkaian, yakni teknik pernapasan dan memberi semangat, pemanasan dengan 3 gerakan, 5 gerakan inti, dan penutup. Dari seluruh tahapan tersebut, tiap gerakannya memiliki nilai filosofis tersendiri.

Mulai dari 4 gerakan wajib yang dihadirkan. Pertama, gerakan tangan kanan di bahu kanan dan tangan kiri di pinggang yang menyimbolkan gotong royong atau bahu membahu. Kedua, gerakan hormat dengan posisi tangan kanan di pinggang sebagai penghormatan dari jiwa kita ke orang lain.

Dilanjutkan gerakan tangan kanan dilipat di atas tangan kiri dan salam yang bermakna persatuan serta rasa syukur. Lalu diakhiri tepuk tangan dan bersorak sebagai lambang semangat. Nilai-nilai budaya juga akan kental terasa saat melakukan senam.

Tak hanya itu, lantunan musik-musik daerah dan nasional diaransemen secara apik sehingga menambahkan semangat. Terhitung ada 9 lagu yang digabungkan, yakni, Bagimu Negeri, Garuda Pancasila, Manuk Dadali, Kampuang Nan Jauh di Mato, Ampar-Ampar Pisang, Ondel-Ondel, Yamko Rambe Yamko, Sipatokaan, Kebyar-Kebyar. Tidak hanya menguatkan rasa nasionalisme, rangkaian senam berdurasi 8 menit ini juga memberikan manfaat kesehatan.

Sekda Alit Wiradana menjelaskan, senam Sicita secara nyata mampu membangun nation and character building atau pembangunan karakter bangsa dalam hal ini generasi muda Indonesia. Sebab, dari seluruh gerakannya terefleksikan semangat yang membara, dilengkapi dengan musik yang penuh semangat nasionalisme.

Untuk diketahui, serangkaian HUT ke–235 Kota Denpasar telah dilaksanakan Lomba Senam Sicita yang melibatkan OPD, Perumda, RSUD Wangaya, serta desa/kelurahan se-Kota Denpasar. Hasilnya, kategori OPD sebagai juara I Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga; juara II Sekretariat Daerah; juara III Dinas Kesehatan; juara harapan I RSUD Wangaya; juara harapan II Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, dan juara harapan III Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Untuk kategori desa/kelurahan, juara I Desa Dauh Puri Kelod; juara II Kelurahan Dangin Puri; juara III Desa Dangin Puri Kelod; juara harapan I Desa Sanur Kaja; juara harapan II Desa Peguyangan Kaja, dan juara harapan III Kelurahan Tonja. *mis

Komentar