nusabali

Siswa Penting Diajari Etika dan Sopan Santun

  • www.nusabali.com-siswa-penting-diajari-etika-dan-sopan-santun

AMLAPURA, NusaBali
SISWA - siswi adalah generasi penerus bangsa. Beberapa tahun mendatang generasi merekalah yang menjadi pemimpin, baik itu pemimpin di keluarga, pemimpin dimasyarakat dan pemimpin bagi bangsa dan negara ini.

Sedari awal di sekolah siswa-siswi diajarkan tentang banyak hal. Antara lain, ilmu pengetahuan, keterampilan, dan yang paling utama adalah berperilaku baik.


Memiliki etika dan sopan santun adalah bagian dari berperilaku baik. Etika dan sopan santun sangat penting dimiliki oleh siswa, sehingga kelak mereka menjadi generasi yang unggul, memiliki kepribadian yang baik cerdas dan terampil. Dengan memiliki etika dan sopan santun semoga kelak mereka menjadi  inspirasi bagi banyak oarng dalam hal kebaikan dan bisa diterima dengan baik dilingkungan manapun.

Etika adalah aturan atau tata cara yang biasa digunakan sebagai dasar suatu individu dalam berperilaku. Etika sangat diperlukan dalam keseharian di dalam berinteraksi dengan orang lain. Sopan santun adalah perilaku baik, sikap ramah yang ditunjukkan kepada orang lain dalam kegiatan sehari-hari.

Beberapa contoh tentang etika dan sopan santun yaitu, saat bertemu dengan ayah, ibu, maupun bapak ibu guru bersikap memberi hormat dengan sedikit menundukkan kepala, tersenyum dan mengucapkan salam. Jika bertemu atau berpapasan dengan teman dan orang yang kita kenal, sikap kita adalah menyapa dan tersenyum. Pada  saat masuk ke dalam suatu ruangan yang ada orang didalamnya terlebih dahulu mengetuk pintu.

Etika pada saat kita bertamu atau berkunjung ke rumah orang lain agar memberi salam terlebih dahulu, jika sudah diizinkan masuk ke dalam rumah barulah kita masuk. Pada saat ada tamu  berkunjung ke rumah kita, saat mereka pulang antarkan sampai ke depan pintu gerbang rumah kita, hal itu sebagai bentuk menghormati tamu.

Jika kita lewat didepan orang yang sedang duduk, dan jaraknya dekat, sikap kita adalah membungkukkan sedikit badan dan mengucapkan kata ‘permisi’. Jika kita dibantu oleh orang lain dalam hal kebaikan, ucapan kata ‘terima kasih’.

Apabila kita meminta bantuan orang lain dalam hal kebaikan, awali dengan mengucapkan kata ‘tolong’. Berusahalah untuk tidak berbuat kesalahan kepada orang lain, jika kita melakukan kesalahan yang tidak disengaja kepada orang lain, ucapkan kata ‘maaf’. Dalam berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain, jangan mengejek orang lain, jangan menghina dan jangan merendahkan orang lain. Dalam bercanda atau bersenda gurau juga ada etikanya. Hal-hal yang tidak boleh dipakai bercanda yaitu tentang, bentuk fisik seseorang.

Manfaat dari siswa-siswi beretika dan sopan santun adalah terciptanya hubungan yang harmonis dilingkungan pergaulan dan dengan orang-orang disekitar, serta tercipta kerukunan dimasyarakat, sehingga perselisihan bisa kita cegah. Dan, orang tersebut mampu menjadi inspirasi bagi orang lain dalam hal sikap.*

Oleh: I Made Twina Putra SPd ( Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, SMP Negeri 2 Rendang, Karangasem, Bali

Komentar