nusabali

SDN 1 Muncan Borong Juara Nyurat Aksara Bali

  • www.nusabali.com-sdn-1-muncan-borong-juara-nyurat-aksara-bali

AMLAPURA, NusaBali
Juara lomba nyurat aksara Bali tingkat putra-putri tingkat SD diborong SDN 1 Muncan. Lomb aini serangkaian Bulan Bahasa Bali V Tahun 2023, diselenggarakan Pemerintah Desa Muncan, di Banjar Benekasa, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Minggu (19/2).

Nomor putra debgan pemenang Ngakan Made Prema Giri Jaya dengan skor 995. Dia mengungguli juara II I Gede Rizky Wiguna Putra dari SDN 2 Muncan, skor 936 dan juara III Gede Eka Pratama Juniarta dari SDN 3 Muncan, skor 873. Di nomor putri, pemenang I Gusti Ayu Karisma Putri skor 1.021, juara II Ni Kadek Juni Astini dari SDN 6 Muncan, skor 988, dan juara III Ni Luh Nik Widiasih dari SDN 3 Muncan skor 973.

Perbekel Muncan I Wayan Tunas memaparkan, Bulan Bahasa Bali tahun 2023 ini dengan empat nomor lomba dua nomor lainnya masatua Bali untuk anggota PKK se-Desa Muncan dan mapidarta untuk kelian banjar se-Desa Muncan. “Tujuannya, agar seluruh lapisan masyarakat semakin terampil berbahasa Bali, yang merupakan kebudayaan adiluhung wajib kita lestarikan,” jelasnya.

Terutama dalam percakapan sehari-hari, jelas dia, wajib menggunakan bahasa Bali sesuai sor singgih, sebagai ciri memiliki budaya yang beradab dan elegan. Sebab, dari tutur kata yang santun, tercermin perilaku seseorang.

Terlebih lagi antusias siswa ikut lomba, dan masing-masing mampu menunjukkan kualitas pekerjaannya, sehingga dewan juri memberikan skor sangat tipis antara pemenang yang satu dengan lainnya.

Dewan juri lomba yakni, Ni Ketut Bueni, I Nengah Kari Artha, dan Ni Kadek Mudiani. Lomba masatua Bali dimenangkan Meita anggota PKK dari Banjar Kawan, skor 1.3288, juara II Ersita dari Banjar Pakudansih, skor 1.305, dan juara III Dewa Ayu Kartini dari Banjar Yangapi, skor 1.203. Pemenang mapidarta, juara I I Gede Wira Adinata Kelian Banjar Pakudansih skor 990, juara II I Nengah Sukatana Kelian Banjar Manik skor 989, dan juara III I Komang Agus Sutirtayasa Kelian Banjar Susut, skor 957.*k16

Komentar