nusabali

Dialami Ardhito sampai Opname, Ini Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong!

  • www.nusabali.com-dialami-ardhito-sampai-opname-ini-bahaya-minum-kopi-saat-perut-kosong

Inilah bahaya minum kopi saat perut kosong seperti yang dialami Ardhito Pramono sampai opname.

DENPASAR, NusaBali.com -  Seorang musisi, Ardhito Pramono baru-baru ini dikabarkan jatuh pingsan saat manggung di Medan, Sumatera Utara hingga harus dilarikan ke RS dan Opname akibat minum kopi saat perut kosong.

Ardhito sendiri mengatakan bahwa ada rasa perih yang luar biasa menjalar dari ulu hati hingga dada, sakutnya seperti ditusuk sampai pundak hingga membuatnya terjatuh saat menutup penampilan di Medan, sebagaimana dikutip dari akun Instagramnya @ardhitopramono, Senin (13/3/2023).

Meski salah satunya manfaat kopi dapat menghilangkan rasa kantuk mata, tapi ternyata memiliki efek samping yang sangat bahaya bagi kesehatan, seperti sakit yang dirasakan Ardhito ketika meminumnya saat perut kosong.

Sebagaimana dilansir dari laman New York Times, inilah bahaya minum kopi saat perut kosong.

Berbicara tentang kopi, kopi memang memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti dapat meningkatkan daya ingat, mengurangi rasa kantuk mata, meredakan nyeri otot serta mencegah diabetes.

Seorang Profesor Fisiologi dan Biologi membrane di Universitas California Kim Barrett menjelaskan bahwa perut memiliki lapisan perisai, yang mampu melindungi hingga mencegah makanan yang dicerna.

Namun demikian, minum kopi saat perut kososng memicu peningkatan produksi asam lambung hingga mengnggu sistem pencernaan.

Selain itu, esophagus atau saluran kerongkongan akan rusak akibat zat asam yang terkandung dalam kopi.

Kopi dapat membuat asam lambung memercik dengan mudah ke atas menuju esophagus hingga memicu gejala maag yang menimbulkan rasa sangat tidak nyaman, seperti sakit dan nyeri.

Tambahannya, minum kopi saat perut kosong juga dapat menganggu sistem pencernaan seperti timbul rasa mulas dan memicu gejala Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau iritasi pada usus besar.

Itulah bahaya minum kopi saat perut kosong, seperti yang dialami Ardhito hingga opname.*feb

Komentar