nusabali

Libatkan 162 UKM-IKM, Digelontor Anggaran Rp 3,3 Miliar

Denpasar Festival (Denfest) 2023 Digelar di Kawasan Catur Muka 22-25 Desember Nanti

  • www.nusabali.com-libatkan-162-ukm-ikm-digelontor-anggaran-rp-33-miliar
  • www.nusabali.com-libatkan-162-ukm-ikm-digelontor-anggaran-rp-33-miliar

UKM/IKM yang dilibatkan sebanyak 162, terdiri 87 UKM/IKM dari kategori kerajinan, fashion dan agro, sementara 75 UKM/IKM dari kategori kuliner dan kopi

DENPASAR, NusaBali
Denpasar Festival (Denfest) ke-16 kembali akan digelar di kawasan Catur Muka, Kota Denpasar. Gelaran event tahunan ini akan berlangsung selama empat hari 22-25 Desember 2023 dengan melibatkan 162 Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Kota Denpasar. 

Saat ini persiapan sudah mulai dilakukan dengan memasang stand tetaring di kawasan Jalan Gajah Mada, Denpasar. Stand-stand tersebut nantinya akan digunakan untuk UKM/IKM berjualan baik dari kuliner, agro, fashion, kerajinan maupun penjual kopi. 

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kota Denpasar, Ni Luh Putu Riyastiti saat diwawancarai, Rabu (6/12) mengungkapkan Denfest ke-16 ini masih dalam tahap persiapan. Pihaknya kini sedang mematangkan layout dan penempatan stand UKM/IKM. Selain itu, juga untuk pemasangan stand berupa tetaring yang memang ciri khas Denfest sudah dilakukan bertahap. "Baru persiapan layout. Kami masih mematangkan pengisi acara dan konsep lainnya. Kalau UKM/IKM kami sudah lakukan kurasi siapa saja yang bisa ikut di dalamnya," jelasnya. 

Riyastiti mengungkapkan pemasangan stand hanya sampai di depan Bank BPD Bali saja. Menurutnya, sekarang pagelaran tidak lagi melibatkan tempat di pasar Badung. Pasar Badung sebelumnya sebagai venue pagelaran untuk membangkitkan potensi kawasan wisata yang baru dibangun patung-patung di kawasan tersebut. Layout Denfest kali disepakati di Jalan Gajah Mada depan Bank BPD Bali menuju Catur Muka yang akan dipenuhi dengan kawasan kuliner dan penjual kopi yang sudah lolos kurasi. 

Sementara untuk di Jalan Veteran akan dipusatkan untuk fashion, agro, dan produk kerajinan yang sebelumnya dipenuhi dengan kuliner. Di kawasan Hotel Inna Bali juga akan ditempatkan panggung khusus fashion show. "Kalau di lapangan itu sebagai venue hiburan. Nantinya akan ada dua panggung di sana. Pertama panggung pementasan tradisional dan pementasan modern. Selain itu juga akan ada stand berupa makanan ringan biar nanti yang nonton bisa sambil makan," ungkapnya. 

Dikatakan Riyastiti, saat ini yang sudah lolos kurasi untuk UKM/IKM ada sebanyak 162 peserta. Sebanyak 87 UKM/IKM dari kategori kerajinan, fashion dan agro, sementara 75 UKM/IKM dari kategori kuliner dan kopi. "Kalau UKM/IKM yang sudah ikut dua kali tidak diikutkan lagi. Tetapi yang tahun lalu masih tetap ikut dan beberapa ada yang baru juga sesuai dengan hasil kurasi," imbuhnya. Sementara, dalam gelaran Denfest kali ini pendanaan yang disiapkan sebesar Rp 3,3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Denpasar. "Nantinya kami juga akan dibantu pihak sponsor," imbuh Riyastiti. 7 mis

Komentar